Balikpapan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 4.430 personel TNI Komando Daerah Militer VI/Mulawarman mengamankan pemilihan kepala daerah serentak pada 9 Desember 2015.

"Total yang kita kerahkan sebanyak 4.430 personel diantaranya di Kalimantan Utara sebanyak 950 personel, Kalimantan Timur sebanyak 1.750 personel dan 2.000 personel di Kalimantan Selatan," kata Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Benny Indra Pujihastono di Balikpapan, Senin.

TNI yang bertugas mengamankan pilkada tersebut adalah Bawah Kendali Operasi (BKO) kepolisian, katanya.

"Anggota dilengkapi senjata lengkap tergantung tingkat eskalasinya," kata Benny.

Pangdam mengatakan secara umum wilayah Kaltim, Kaltara dan Kalsel dalam keadaan kondusif hal tersebut dengan pembinaan teritorial dengan unsur kepolisian.

"Dengan melakukan cipta kondisi dilakukan Koramil dan Kodam dengan metode pembinaan teritorial, kemudian intelijen di tingkat Kodim, Korem dan sebagainya bila mengetahui informasi langsung disampaikan ke kepolisian," kata Benny.

Pilkada serentak pada 9 Desember 2015 di wilayah Kaltim diikuti sembilan daerah yakni Balikpapan, Samarinda, Paser, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Bontang, Mahakam Ulu, Kutai Timur dan Berau.

Sedang pilkada serentak di wilayah Kaltara diikuti lima daerah yakni Nunukan, Bulungan, Tana Tidung dan Malinau serta pemilihan gubernur (pilgub) Kaltara. (*)

Pewarta: Susylo Asmalyah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015