Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi, Angkat Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia Kalimantan Timur meloloskan sebanyak 26 atlet pada Pekan Olahraga Nasional XIX di Jawa Barat tahun 2016.

Sekretaris Pengprov PABBSI Kaltim Sugeng Mochdar dihubungi dari Samarinda, Selasa, mengatakan pada hari terakhir pelaksanaan prakualifikasi PON di Sutan Raja Convention Center, Soreang, Kabupaten Bandung, Jabar, dua atlet angkat besi Kaltim yakni Rendi dan Erwin Darmansyah melengkapi perolehan tiket PON 2016, setelah meraih medali perak dan perunggu.

"Hasil pra-PON secara keseluruhan, Kaltim meloloskan 26 atlet, terdiri dari sembilan atlet angkat besi, 14 atlet angkat berat dan tiga atlet binaraga. Untuk pra-PON, kami mengirimkan sebanyak 38 atlet," jelas Sugeng.

Ia mengaku bangga dengan prestasi atlet Kaltim di ajang kualifikasi PON, karena selain telah memenuhi target medali, jumlah atlet yang meraih tiket PON juga lebih banyak dibanding PON 2012 di Riau.

"Dalam perolehan medali kita juga telah melampaui target, dari enam medali emas yang ditargetkan, ternyata bisa terealisasi delapan emas, terdiri dari enam emas dari cabang angkat berat, angkat besi dan binaraga masing-masing satu emas," ujarnya.

Bahkan, pada cabang angkat berat, tim Kaltim juga berhasil merebut gelar juara umum dengan mengungguli tim Lampung, yang sama-sama meraih enam emas tetapi Kaltim lebih baik dalam perolehan perak dan perunggu.

"Memang ada beberapa atlet andalan kita yang lepas target, seperti Triyatno yang hanya meraih perak, namun kita juga menyadari kondisi Triyatno yang masih mengalami cedera usai mengikuti pemusatan latihan nasional di Tiongkok," jelas Sugeng.

Ia berharap kesuksesan di ajang kualifikasi ini bisa melecut motivasi para atlet untuk terus berlatih, karena pesaing dari daerah lain tentu akan melakukan persiapan yang sangat serius menjelang pelaksanaan PON 2016.

Selain itu, Sugeng juga mengharapkan KONI Kaltim punya prioritas khusus dan mendukung sepenuhnya persiapan para atlet saat menjalani pemusatan latihan.

"Kami ingin mewujudkan target yang lebih baik. Kalau di PON 2012 bisa menyumbang lima emas, pada PON 2016 diharapkan bisa lebih dari itu, minimal enam emas bisa kita rebut," tegas Sugeng. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015