Oleh Arumanto

Samarinda, 20/9 (Antara) - Tuan rumah Pusamania Borneo Football Club berhasil mengalahkan tamunya Persib Bandung dengan skor 3-2, pada putaran pertama babak delapan besar Piala Presiden 2015, di Stadion Segiri Samarinda, Minggu malam.

Pada pertandingan yang disaksikan ribuan pedukung itu kedua tim tampil dalam tempo tinggi dan berkali-kali melakukan jual beli serangan.

Tim tamu Persib Bandung unggul lebih dulu di menit kelima, melalui pemain asal Montenegro Ilija Spasojevic menit ketujuh.

Namun beberapa menit kemudian tim tuan rumah berhasil menyamakan skor, melalui gol yang dicetak oleh Arpani pada menit ke-11.

Tendangan menggantung Arpani diluar kotak pinalti gagal di tepis oleh penjaga Gawang Persib, Made Wirawan yang sedikit maju di depan gawangnya.

Skor imbang 1-1 ini bertahan hingga waktu turun minum.

Masuknya dua pemain baru asal Papua yakni Tinus Pae dan Feri Pahabol, yang diterapkan oleh pelatih PBFC Iwan Setiawan ternyata membuahkan hasil positif pada timnya.

Terbukti pergerakan penyerang PBFC Boaz Salosa cukup leluasa untuk menembus pertahanan tim Persib Bandung.

Pada menit 68, Boaz berhasil mencetak gol melalui tendangan keras kaki kirinya di luar kotak penalti.

Berselang tiga menit kemudian pemain asal tim Persipura tersebut berhasil menggandakan keunggulan tuan rumah, dengan gol melalui sontekan kaki kirinya, memanfaatkan umpan terobosan dari rekannya Afandi.

Ketinggalan dua gol, tak membuat pemain Persib Bandung patah semangat, justru anak asuh Jajang Nurjaman terus meningkatkan daya serang agar bisa memperkecil keunggulan tim tuan rumah.

Upaya tim Persib Bandung, akhirnya membuahkan hasil, ketika pemain bertahan Vladimir Vujovic mampu memanfaatkan peluang dengan tendangan voli pada menit ke-82.

Tendangan keras Vladimir memanfaatkan umpan tendangan bebas Firman Utina gagal di antisipasi oleh penjaga gawang PBFC Galih Sudaryono.

Hingga tambahan waktu dua menit yang diberikan oleh wasit Iwan Sukaca , skor 3-2 untuk keunggulan tuan rumah bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Kemenangan tipis tersebut membuat peluang tim PBFC menembus babak semi final terbuka lebar.

Sedangkan untuk tim Persib, harus bekerja ektra keras lagi agar bisa membalas kekalahan minimal dua gol pada putaran kedua di Bandung, bila ingin masuk sebagai semi finalis. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015