Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Gelar Teknologi Tepat Guna tingkat Provinsi Kalimantan Timur yang akan dipusatkan di Kabupaten Kutai Timur akan diikuti dua provinsi tetangga yakni Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

"Kami sangat siap menjadi tuan rumah gelar TTG tingkat Kaltim, makanya kepanitiaan sudah kami bentuk, koordinasi dengan sejumlah pihak terkait juga terus kami lakukan," ujar Kepala Bidang Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kutai Timur Lamhot A Siregar di Samarinda, Selasa.

Hal itu dikatakan Lamhot ketika ditemui setelah menghadiri rapat koordinasi pengembangan Pos Pelayanan Teknologi Perdesaan (Posyantekdes) di Kantor BPMPD Provinsi Kaltim. Rapat tersebut dihadiri Kepala BPMPD dan perwakilan Posyantekdes dari semua kabupaten di Kaltim.

Menurutnya, gelar TTG tingkat Provinsi Kaltim akan dipusatkan di Graha Expo Bukit Pelangi, komplek perkantoran Kutai Timur, pada 29-31 Juli 2015.

Gelar TTG di antaranya akan diisi pameran lomba karya cipta teknologi, widyawisata teknologi, lokakarya dan pegelaran kesenian. Gelar TTG 2015 akan mengusung tema Melalui Gelar Tekonologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Daya Saing dan Kreativitas Masyarakat.

Gelar TTG diharapkan sebagai momentum bagi pengurus Posyantekdes maupaun pelaku dalam mengembangkan teknologi terapan.

Apalagi disadari bahwa keberadaan TTG mampu mempercepat pemberdayaan masyarakat karena pemanfaatan teknologi yang tepat akan meningkatkan nilai tambah dan efisiensi kerja.

Gelar TTG selain diikuti pelaku TTG dan Posyantek dari dua provinsi tetangga, akan diikuti pula pelaku dan pengembangan teknologi terapan dari kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim, karena hingga kini ada sejumlah Posyantek di Kaltim yang mampu mengembangkan teknologi dan diakui secara nasional.

Di antaranya adalah Posyantek Riyota di Desa Sangatta Utara, Kecamatan Sangatta Utara, Kutai Timur. Posyantek ini selain menjadi juara pertama tingkat Provinsi Kaltim, juga telah dinaubatkan sebagai Posyantek Percontohan di tingkat nasional.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015