Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pemprov Kaltim bekerjasama dengan Event Organizer (EO) Wifi Production bersiap menggelar arena promosi bertajuk "Kaltim Fair 2015" dalam rangkaian Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur yang ke-58.

"Kaltim Fair akan digelar lima hari, pada 9-13 April 2015 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda. Kegiatan ini antara lain akan diikuti SKPD Kaltim, kabupaten/kota, perbankan, UMKM, dan sejumlah lembaga lain," ujar Windi, EO Kaltim Fair dari Wifi Prduction di Samarinda, Senin.

Kaltim Fair bertujuan untuk menampilkan informasi karya unggulan hasil binaan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), produk olahan UKM, produk barang dalam negeri, jasa perbankan atau keuangan, dan produk unggulan dari daerah lain di Indonesia.

Termasuk menyajikan sejumlah potensi dan peluang investasi yang tersebar di kabupaten dan kota di Provinsi Kaltim, seperti investasi bidang infrastuktur, energi, industri, dan berbagai jenis jasa yang dihasilkan perusahaan komersial.

"Kegiatan ini sangat strategis sebagai sarana promosi, sehingga diharapkan setiap SKPD, perusahaan, dan lembaga lain dapat memanfaatkan dengan turut menjadi peserta Kaltim Fair 2015," ucap Windi.

Secara khusus, pihaknya juga telah membuat surat untuk sejumlah kementerian, seperti Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sejumlah kementerian tersebut bahkan telah menyurati SKPD terkait di seluruh provinsi di Indonesia, yakni agar SKPD turut mempromosikan hasil karyanya melalui Kaltim Fair 2015.

Bahkan Direktorat Jenderal Perdagangan Dalam Negeri (PDN) juga memberikan dukungan atas penyelenggaraan arena promosi ini, seperti yang dibuktikan dengan keluarnya surat Nomor 928/PDN.3/SD/10/2014 tentang dukungan penyelenggaraan Kaltim Fair 2015.

Di antara isi surat dukungan itu adalah Kementerian Perdagangan menyambut baik dan mendukung Kaltim Fair 2015, sehingga mengharapkan pelaku UKM dan pihak terkait dapat memanfaatkan peluang ini guna mempromosikan produk unggulan masing-masing.

Sedangkan kategori produk yang dipamerkan antara lain hasil perdagangan dan perindustrian, informasi peluang investasi, tujuan pariwisata, batik dan tenun, ukiran dan lukisan, otomotif, komunikasi dan teknologi, agrobisnis dan agroindustri.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015