Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Badan Kehormatan (BK) DPRD Kaltim menjamin adanya perubahan kinerja yang lebih baik, dengan adanya masukan dari DPRD DKI Jakarta dan DPRD Jatim ketika melakukan kunjungan kerja.

Ketua BK yakni Ali Hamdi di Samarinda, Minggu, mengatakan, program BK selaku alat kelengkapan dewan yang mengatur tata tertib dewan, tata cara melakukan rapat, absensi, berpakaian, serta lain sebagainya terkait pelaksanaan tugas oleh anggota DPRD harus lebih baik lagi dari tahun ke tahun.

"Kunjungan yang kami lakukan ke DKI Jakarta dan DPRD Jatim banyak memberi saya masukan mengenai tupoksi BK. Oleh karena itu, hasil rapat tersebut akan kami coba terapkan di Kaltim," katanya.

Ali Hamdi melanjutkan, jika BK Jatim sangat mengutamakan prioritas pada absensi dan tata cara berpakaian pleh tiap-tiap anggotanya.

Mengingat, banyaknya kunjungan yang dilakukan ke sekretariat tersebut, baik dari anggota DPRD provinsi lain, stake holder pemerintahan, hingga masyarakat biasa yang berkunjung untuk menyampaikan aspirasinya.

Maka dari itu, kehadiran tiap-tiap anggota dewan perlu maksimal, dalam rangka menerima kunjungan yang terus datang ini.

Terlebih cara berpakaian, dengan mengikuti tata cara berpakaian kedewanan maka akan membuat anggota dewan yang bersangkutan dinilai memiliki keseriusan dalam mengemban tugasnya.

"Hal-hal seperti inilah yang dianggap sepele namun memiliki nilai lebih didalamnya. Akan lebih baik jika semua mengikuti tata tertib dalam melaksanakan tugasnya masing-masing," katanya.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menambahkan, jika BK akan terus melakukan evaluasi secara berkala terhadap peraturan dan tata tertib ini.

Demi menjamin kinerja dewan lebih baik, kode etik dan tata cara beracara kedewanan akan disahkan dalam rapat paripurna DPRD, hal ini agar seluruh anggota dewan memiliki peran yang sama dalam menaati peraturan dan demi menuju sekretariat kedewanan yang lebih baik masa mendatang.

"Kami sudah memiliki rancangan peraturan dan tata tertib yang akan disebarkan untuk mendapat revisi dari tiap anggota. Jika semua mengindahkan peraturan ini, maka saya jamin kinerja anggota DPRD Kaltim akan lebih baik dari waktu ke waktu," kata Ali Hamdi. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2015