Jakarta (ANTARA Kaltim) - Keberhasilan mengemban amanah rakyat sebagai anggota DPRD ditentukan banyak hal. Namun ada beberapa kunci yang sejatinya bisa diaplikasikan. Yakni wakil rakyat harus memiliki visi, berkarakter unggul, bisa menekan ego, mampu berkolaborasi dan bekerja totalitas.

Lima kunci di atas disebutkan Iman Herdimansyah, Asisten Director Development The ESQ Leadership Center di hadapan anggota DPRD Kaltim pada hari kedua Training ESQ Eksekutif di Menara 165, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/11). Turut hadir dalam pelatihan ini Sekretaris DPRD Kaltim Achmadi dan sejumlah staf sekretariat.

Melanjutkan apa yang telah dibahas pada hari pertama, metode pelatihan Iman yang interaktif, diselingi game-game yang menyegarkan membuat pelatihan mendapat respons antusias dari para peserta.
 
Iman menekankan, fitrah manusia adalah mencari keadilan, menjunjung kebaikan dan berusaha mencari kesempurnaan.

Karena itu, sebagai wakil rakyat, fitrah itu haruslah dikedepankan. “Jika bicara visi, maka wakil rakyat harus punya tujuan. Tujuan ini harus bermuara pada kepentingan masyarakat. Bukan untuk golongan atau diri sendiri. Misalnya bukan berapa banyak perda yang dihasilkan, tapi apa tujuan dan landasan membuat suatu perda,” kata Iman.

Nah untuk mewujudkan sebuah tujuan, anggota DPRD harus bisa menekan ego, bersinergi dengan koleganya dan totalitas dalam bekerja. Ia mencontohkan bagaimana totalitas penemu bola lampu Thomas Alpa Edison yang harus gagal hingga 10 ribu kali sebelum berhasil.

Ketua DPRD M Syahrun yang didaulat menutup pelatihan menyatakan, training selama dua hari cukup membuka mata bagi para legislator di Karang Paci betapa kedudukan mereka yang sangat strategis untuk rakyat Kaltim haruslah diimbangi dengan pemikiran dan tindakan yang bijak sebelum memutuskan sebuah kebijakan.

Syahrun berharap pelatihan ini akan membekas dan  berefek saat mereka kembali menjalankan tugas. Syahrun juga memberi apresiasi bagi keikutsertaan penuh anggota DPRD dalam pelatihan ini. (Humas DPRD Kaltim/adv/oke)

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014