Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur tengah menyiapkan atlet untuk mengikuti kejuaraan

Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) VIII yang akan berlangsung di Labuan Malaysia, 6-10 Desember 2014.

Kepala Dispora Kaltim Fachrudin Jafrie di Samarinda, Jumat, mengatakan tugas mempersiapkan atlet ini sebenarnya menjadi tanggung jawab KONI, namun karena sedang konsentrasi menyiapakan atlet mengikuti PON Remaja Di Surabaya, maka even antar bangsa ini diserahkan kepada Dispora.

Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Filipina-East Asean Growth Area (BIMP-EAG) adalah Kerja sama Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) yang dibentuk tahun 1994.

"Kami hanya mengurus persoalan administrasi saja, sedangkan untuk persiapan teknisnya tetap diserahkan kepada pengurus cabang olahraga masing-masing," katanya.

Ia mengatakan cabang olahraga yang akan diikuti oleh tim Kaltim hanya delapan cabang dari sembilan cabang yang dipertandingkan.

"Satu cabang olararaga yang tidak diikuti hanya cabang futsal, sementara delapan cabang lainya seperti Bulu Tangkis, Tenis meja, Sepak bola, Sepak Takraw, Bola Voly, Bola Basket dan Pencak Silat akan diikuti oleh atlet Kaltim," ujarnya.

Dari delapan cabang yang bakal diikuti tersebut, kata dia, tim Kaltim mengirimkan 78 orang, terdiri dari atlet, pelatih dan offisial.

"Semua atlet dipilih oleh pengprov masing-masing, demikian juga persiapannya, namun kami meminta atlet yang dikirim benar-benar yang potensial, meskipun kejuaraan ini sifatnya hanya sebagai ajang persahabatan," katanya.

Dia mengatakan beberapa cabang olahraga akan menurunkan atlet terbaiknya yang dipersiapkan mengikuti PON 2016 di Bandung Jawa Barat.

"Informasinya sepakbola akan menurunkan tim PON, demikian juga sepak takraw dan Bultangkis, pastinya kami berharap atlet-atlet yang dikirim bisa mewujudkan prestasi terbaiknya,"imbuh Fachrudin.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014