Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim HM Yadi Robyan Noor mengatakan tahun ini jumlah peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) se-Kaltim yang memenuhi syarat sebanyak 19.710 orang. Mereka akan memperebutkan  formasi yang dibutuhkan sebanyak 1.602 orang.  Tes CPNS akan dimulai 24 Oktober 2014 yang berlangsung selama 12 hari.

“Sebenarnya yang mendaftar sebanyak 30.652 orang. Tetapi yang memenuhi syarat sebanyak 19.710 orang,” kata Roby, Jumat lalu.

Khusus Pemprov Kaltim, Roby mengatakan siap melaksanakan tes CPNS dengan pola computer assist test (CAT). Saat ini pihaknya telah menyiapkan 100 unit fasilitas komputer di Gedung Asesment Center milik pemprov dan sudah berkali-kali digunakan untuk simulasi atau digunakan untuk tes dari instansi vertikal bekerja sama dengan BKD Kaltim.

Tidak hanya Kaltim, kabupaten/kota se-Kaltim juga dipastikan siap melaksanakan tes CPNS menggunakan sistem CAT. Hingga saat ini telah terpasang 3.565 komputer fasilitas CAT di seluruh Kaltim.

“Bahkan Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu) yang tadinya akan menyelenggarakan tes menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) karena ketidaksiapan perangkat, sudah memberanikan diri melaksanakan tes menggunakan sistem CAT. Komitmen tersebut menunjukan kesamaan langkah mendukung pelaksanaan tes yang transparan dan objektif di Kaltim sebagai bagian dari reformasi birokrasi,” tegas Roby.

Sedangkan khusus untuk peserta tes CPNS di lingkungan Pemprov Kaltim yang formasi tersedia sebanyak  179 orang akan diikuti 7.582 pelamar. “Mudah-mudahan tes ini berjalan lancar. Karena, semua ini bagian dari reformasi birokrasi,” pungkas Roby. (Humas Prov Kaltim/jay)

 


Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014