Samarinda (ANTARA Kaltim) - Pelaksanaan tugas kedewanan sudah sewajarnya dilakukan dengan lebih baik. Pasca pembentukan susunan anggota fraksi partai beberapa hari lalu, DPRD Provinsi Kaltim sudah semakin dekat dengan menyempurnakan susunan alat kelengkapan dewan.

Sudah sewajarnya, jika anggota dewan harus bersiap merampungkan program yang telah mereka susun dan akan mereka realisasikan dalam rangka percepatan pembangunan.

Salah satu anggota DPRD Provinsi Kaltim Agus Suwandi mengatakan ia tentu ingin segera mengaplikasikan program yang telah disusun. Yakni program tanpa alas belaka, yang tersusun atas rangkuman dari seluruh keinginan masyarakat pada masa kampanye, sebelum ia menjabat selaku anggota dewan.

"Konstituen saya sudah memaparkan beberapa keinginan dalam program pembangunan di wilayahnya pada masa kampanye lalu. Jadi, setelah dilantik saya akan kembali kepada mereka demi menjabarkan realisasi dari program ini," kata Agus Suwandi.

Politikus fraksi Gerindra ini juga menginginkan agar seluruh kinerja kedewanan lebih mengutamakan sistem kunjungan langsung ke lapangan. Dengan harapan, informasi terkait apapun keinginan masyarakat dapat langsung terdengar dan dicarikan solusi bersama.

"Sistem turun langsung kepada konstituen menjadi hal mutlak yang diperlukan pada masa kepemimpinan saat ini. Mengingat, aspirasi masyarakat bisa langsung terdengar dan bisa kita nilai sendiri saat di lapangan, " imbuh Suwandi.

Program-program dalam hal menunjang tugas kedewanannya sudah sewajarnya dimiliki anggota dewan. Mengenai masalah penetapan komisi atau alat kelengkapan dewan lainnya, hal itu bisa dirumuskan kembali oleh masing-masing partai.  

Terpenting, kata Agus Suwandi, jika masyarakat harus kenal terlebih dahulu siapa wakil rakyat yang duduk dalam struktur kedewanan disekitar mereka. Dengan harapan, mereka akan lebih mudah untuk menyalurkan aspirasinya terkait program pembangunan di wilayah itu.

"Tugas selaku anggota dewan memang memenuhi keinginan masyarakat. Jadi sudah sewajarnya jika anggota dewan temu muka dengan konstituennya. Jika hal ini sudah berlaku, maka saya rasa percepatan pembangunan akan berjalan sesuai dengan keinginan bersama," tutup Agus Suwandi. (Humas DPRD Kaltim/adv/tos/oke)



Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014