Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), melakukan pemasangan sedikitnya 3.000 Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah desa di wilayah yang dikenal dengan Benuo Taka itu.
 
"Saat ini sedang lakukan pengecekan lapangan untuk titik pemasangan PJU di 54 desa dan kelurahan," ungkap Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di Penajam, Kamis.
 
Untuk itu dinas terkait, kata dia, agar meningkatkan pengawasan pelaksanaan pemasangan PJU, sehingga pekerjaan bisa selesai sampai akhir tahun anggaran 2024.
 
"Pemasangan PJU perlu dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada warga yang lakukan aktivitas di malam hari," tambahnya.
 
Pemasangan sekitar 3.000 PJU di wilayah desa dan kelurahan di Kabupaten Penajam Paser Utara sebagai upaya meningkatkan keamanan wilayah dan meminimalisir potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas pada malam hari.

Baca juga: Pemkab Penajam tambah penerangan jalan umum di kawasan permukiman
 
Pemasangan PJU di setiap desa dan kelurahan dilakukan Pemkab Penajam Paser Utara tersebut, kata dia, untuk memenuhi aspirasi masyarakat menyangkut penerangan jalan umum di wilayah masing-masing.
 
"Dengan pemasangan penerangan jalan itu, agar tidak ada lagi desa dan kelurahan yang gelap gulita," katanya.
 
"Pemasangan PJU dilakukan pemerintah kabupaten tidak terlepas dari permintaan warga di masing-masing desa dan kelurahan," ucapnya lagi.
 
Ia mengatakan anggaran yang disiapkan untuk pemasangan PJU di wilayah desa dan kelurahan tersebut lebih kurang Rp100 miliar pada APBN Perubahan 2024.
 
Masih minimnya penerangan jalan di sejumlah wilayah di Kabupaten Penajam Paser Utara, lanjut dia,.dikhawatirkan memicu terjadinya kecelakaan dan kriminalitas jalanan.

Baca juga: Legislator Paser minta pemda optimalkan lampu penerangan jalan desa

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024