Penajam (ANTARA Kaltim) - Pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS) kata Kabid Pengembangan Kepegawaian BKD Kabupaten Penajam Paser Utara, Khairuddin, bisa mengajukan lamaran hingga tiga formasi.

"Pendaftaran CPNS tahun ini mengalami perubahan sebab para pendaftar diberi kesempatan, bisa melamar sampai tiga formasi, sementara tahun lalu, setiap orang hanya diberi kesempatan mendaftar satu formasi saja," ungkap Khairuddin, Selasa.

Ia mencontohkan, untuk kualifikasi pendidikan ilmu hukum, dimana dalam pendaftaran CPNS 2014 ini, ada beberapa formasi yang dibuka, sehingga pelamar CPNS lulusan ilmu hukum bisa melamar tiga formasi.

"Untuk ujiannya nanti hanya sekali. Tapi kelulusannya dilihat dari "passing grade" atau nilai ambang batas kelulusan tes CPNS masing-masing formasi. Jadi peluang untuk lulus cukup besar, karena masing-masing formasi nilai ambang batasnya berbeda," kata Khairuddin.

Pendaftaran CPNS 2014 lanjut Khairudin, BKD Penajam Paser Utara sudah bisa dilakukan melalui website Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), mulai 1 September sampai 14 September 2014.

"Akses pendaftaran melalui `online` sudah mulai bisa dilakukan sejak Senin (1/9). Keterlambatan pembukaan pendaftaran, dikarenakan Kemenpan-RB. membagi jadwal untuk memulai pendaftaran melalui `on line�," katanya.

Setelah mendaftar melalui "on line" melalui website Kemenpan-RB dengan mengisi formulir, memasukan data pribadi dan mendaftarkan email, kata Khairuddin, pendaftar kemudian akan diberikan "pasword" atau kata sandi dan "user name" atau nama pengguna.

"Kata sandi dan nama pengguna itu nanti digunakan untuk masuk di portal Badan Kepegawaian Negara (BKN). Karena portal BKN ini merupakan tempat untuk mendaftar formasi yang dilamar," ujar Khairuddin.

Namun yang menjadi kendala kata Khairudin, untuk masuk di portal BKN perlu waktu yang cukup lama yakni, maksimal 1x24 jam.

"Kamis (BKD) juga sudah melakukan ujicoba pada Senin (1/9) malam, ternyata hasilnya perlu waktu selama enam jam untuk bisa mengakses portal BKN," ungkap Khairuddin.   (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014