Kegiatan upacara memperingati HUT Bhayangkara ke-78 di Balikpapan berlangsung di dua tempat yakni jajaran  Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim digelar di halaman Polda Kaltim dan Polresta Balikpapan di halaman Balai Kota. 

Upacara yang digelar di Halaman Polda Kaltim dipimpin langsung Wakapolda  Brigjen Pol Djati Wiyoto Abdy dan halaman Balai Kota Balikpapan dipimpin Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Anton Firmanto.

Dalam kegiatan itu Pemerintah Kota Balikpapan memberikan kue ulang tahun untuk jajaran Polres Balikpapan, nampak keakraban Kapolres dan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud bergandeng tangan dan melakukan pemotongan kue.

Pada kesempatan itu, personil Polresta Balikpapan  menampilkan unjuk kemampuan di hadapan peserta upacara dan wali kota dengan menampilkan atraksi bela diri sebagai wujud kesiapan melindungi masyarakat Kota Balikpapan.

Di lokasi itu juga melibatkan para pelaku  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang mewarnai rangkaian agenda upacara HUT Bhayangkara. 

"Ini merupakan implementasi dari tema HUT Bhayangkara," kata Kapolres Anton seusai upacara.

Ia menjelaskan HUT Bhayangkara tahun ini mengusung tema Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas.

"Jadi Hari Bhayangkara ke -78 ini jadi momentum polisi untuk selalu berdampingan dengan masyarakat, semua lapisan masyarakat tujuannya untuk menuju Indonesia emas," ujarnya.

Anton menegaskan untuk mengimplementasikan  hal itu, Polresta Balikpapan di setiap kegiatan selalu ada bersama masyarakat atau polisi selalu ada untuk masyarakat.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud mengucapkan rasa syukur mengingat selama ini Polda Kaltim khususnya Polresta Balikpapan bersama dengan Pemkot Balikpapan dan seluruh lapisan masyarakat tetap menjaga kondusifitas Kota Balikpapan.

"Terlebih lagi di tengah pemindahan Ibu Kota Nusantara (IKN) serta di tengah Kota Balikpapan yang terus berbenah," tuturnya.

Rahmad menyebutkan, situasi kondusif ini diperlukan agar para investor serta para pendatang merasa aman dan menanamkan investasinya di Kota Balikpapan.

Kepolisian di usianya yang ke-78 ini, Wali Kota berharap kedepannya  selalu menegakkan aturan dengan baik.

"Sehingga warga kita juga disiplin, kami juga di pemerintahan juga demikian sehingga amanah yang diberikan oleh masyarakat bisa  berjalan dengan baik," harapnya.

Rahmad juga memberikan apresiasi kepada Polresta Balikpapan mengingat Polresta Balikpapan telah berinovasi untuk menghidupkan kembali lomba siskamling.

"Hal Itu merupakan ide gagasan dari Polresta dan perlu kita hidupkan kembali di tengah pesatnya pertumbuhan penduduk, karena di tengah amannya suatu daerah, kita juga  harus waspada terhadap hal-hal yang tidak diinginkan termasuk teroris," ujarnya.

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024