Sebanyak 324 haji yang terdaftar dalam Kelompok Terbang (Kloter) 01 Kalimantan Timur telah tiba di Debarkasi Haji, Balikpapan, Kaltim pada, Selasa ini.

Kedatangan jamaah haji dari Tanah Suci Makkah tersebut mendapatkan sambutan dari Penjabat Gubernur Kaltim Akmal Malik.

“Saya tidak akan berlama-lama memberikan sambutan. Karena saya yakin jamaah haji sekalian sudah tak sabar ingin cepat bertemu keluarga, makan nasi kuning dan soto banjar,” kata Akmal Malik saat menerima para Jamaah Haji.

Menurut Akmal, jamaah haji lebih 25 hari pergi meninggalkan keluarga untuk menunaikan ibadah rukun Islam yang kelima ini.

“Alhamdulillah, hari ini saya menyambut jamaah haji dengan jumlah yang lengkap,” ujarnya.

Akmal menyampaikan terima kasih kepada seluruh jamaah haji Debarkasi Balikpapan yang sudah menjadi duta dan membanggakan Kaltim.

“Semoga jamaah sekalian dapat mengamalkan ilmu dan ibadah yang dilakukan selama ibadah haji,” harapnya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kaltim Abdul Kahliq, yang juga Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Kaltim menjelaskan tahun ini, Emberkasi Haji Balikpapan memberangkatkan 6.023 orang, terdiri 5.929 jamaah dan 94 petugas.

“Khusus jemaah Kaltim sebanyak 2.722 orang,” sebutnya.

Kloter pertama yang tiba hari ini sebanyak 324 orang dari jemaah haji Kota Balikpapan.

Tampak hadir Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Prov. Kaltim Dasmiah dan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kaltim Meiliana.*

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024