Pemerintah Kota Balikpapan, melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DPOP), siap melayani tamu-tamu wisata ke Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berlayar dengan kapal Pinisi.
.
"Kami mengikuti perkembangan pariwisata ke IKN dan sangat mendukung. Kami akui banyak tamu-tamu yang datang di Balikpapan, rata-rata mereka ingin melihat IKN," kata Kepala DPOP Balikpapan Cokorda Ratih Kusuma dalam Forum Group Diskusion (FGD) persiapan penyediaan layanan laut Kapal Pinisi untuk menunjang pariwisata di IKN, di Balikpapan, Kamis (20/6).

Pelayaran menuju IKN dengan Pinisi dari Kota Balikpapan, menurut Ratih, dapat memangkas waktu perjalanan, selain sebagai jalur alternatif menuju ibu kota baru Indonesia itu.

"Para tamu hanya perlu waktu yang singkat dengan pilihan jalur laut. Mereka bisa memaksimalkan kunjungan di IKN," tuturnya.

Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, lanjutnya, akan berkoordinasi dengan DPOP Penajam Paser Utara tentang pengembangan pariwisata laut ke IKN.

"Kami harus berkoordinasi demi layanan para tamu. Misalnya ketika sampai di pelabuhan atau lokasi, wisatawan akan menikmati wisata apa dan jalur yang dilalui itu di mana. Jadi, kami harus berkolaborasi sama dinas di sana," katanya.

Baca juga: Wisatawan di Balikpapan meningkat 42 persen dampak dari IKN

Ratih mengatakan konsep pariwisata itu akan mengadopsi pelayaran wisata seperti Mahligai Pinisi di Balikpapan yang merupakan destinasi wisata susur muara sungai.

Mahligai Pinisi merupakan pariwisata kolaborasi DPOP Balikpapan dan investor swasta dengan kapasitas 50 penumpang setiap keberangkatan dari Pelabuhan Somber.

Dalam pelayaran dengan kapal Pinisi, wisatawan akan disajikan beragam pemandangan, seperti jembatan penghubung Balikpapan-IKN, serta beragam industri di teluk Balikpapan, termasuk tujuan ke pelabuhan di dekat IKN.

"Kemudian di kapal itu sama seperti di Mahligai, ada restoran, hiburan musik akustik, serta pemandu tur yang menjelaskan apa saja yang mereka lihat," ujar Ratih.

Namun, jalur wisata ke IKN akan berbeda dengan jalur wisata Mahligai Pinisi.

"Tadi dari Direktorat Lalu-lintas dan Angkutan Laut Kemenhub menyebut tiga pelabuhan yang disiapkan, mulai dari dermaga Pelabuhan Semayang, dermaga Pelabuhan ITCHi, dan dermaga Pelabuhan IHM," demikian Ratih.

Baca juga: Ditlala siapkan tiga kapal Pinisi layanani transportasi wisata di IKN

Pewarta: Muhammad Solih Januar

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024