Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kebakaran menghanguskan sedikitnya 63 rumah di dua RT di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Loa Ipuh, Kabupaten Kutai Kartanegara, Jumat.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Kartanegara, Darmansyah, dihubungi dari Samarinda, Jumat malam mengatakan, kebakaran itu berlangsung sejak Jumat siang sekitar pukul 14.20 Wita dan api baru bisa dipadamkan lebih dua jam kemudian atau sekitar pukul 17. 00 Wita.

"Dari data sementara, sedikitnya 63 rumah yang dihuni 76 kepala keluarga atau lebih dari 300 jiwa hangus terbakar. Namun, itu baru data sementara sebab hingga malam ini kami masih terus mengidentifikasi jumlah rumah dan warga yang menjadi korban kebakaran tersebut," ungkap Darmansyah.

BPBD Kutai Kartanegara, lanjut Darmasnyah, mengerahkan 11 unit mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan kobaran api yang berlangsung di RT 2 Gang 2 serta RT 3 Gang 3 dan Gang Keluarga di Kecamatan Tenggarong.

"Sempitnya jalan masuk ke lokasi kebakaran dan banyaknya warga yang menonton serta angin yang cukup kencang, menyebabkan proses pemadaman terhambat. Namun, berkat kerja keras petugas pemadam kebakaran dibantu personel Polres Kutai Kartanegara, Satpol PP serta para relawan bencana, api akhirnya dapat dikuasai pada Jumat sore," katanya

"Kami juga belum mengetahui penyebab pasti dan asal api yang menyebabkan kebakaran tersebut sebab saat ini masih berkonsentrasi mendata jumlah rumah dan korban," ungkap Darmansyah.

Sementara, berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, kebakaran tersebut diduga berasal dari rumah sewaan milik Mirhanudin (31) yang dihuni oleh Irno (27) di Jalan Panjaitan Gang 2 Kelurahan Loa Ipuh.

"Rumah yang diduga asal api itu milik Mirhanudin yang disewa oleh Irno. Menurut keterangan saksi mata, api berasal dari bawah kolong tersebut kemudian dengan cepat membakar seluruh rumah dan merambah ke rumah warga lainnya. Saat kebakaran, rumah itu dalam keadaan kosong sebab Irno tengah berlebaran di Jawa," ungkap seorang saksi mata.

Selama sepekan terakhir, sedikitnya 120 rumah di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, hangus terbakar.

Pada malam takbiran, Minggu (27/7) sekitar pukul 21.30 Wita hingga Senin (28/7) dini hari, kebakaran menghanguskan 54 rumah warga di Desa Jembayan, RT 7 Dusun 1 Gunung Habang, Kecamatan Loa Janan.

Kebakaran di jalan poros Jembayan-Loa Janan yang menyebabkan 54 keluarga atau sekitar 200 jiwa kehilangan tempat tinggal itu diduga disebabkan oleh petasan yang dimainkan oleh sejumah anak dan mengenai kedai bensin eceran.

Pada Kamis (31/7) sekitar pukul 13.45 Wita kebakaran kembali terjadi di Jalan Sinopati Awang Long, RT 02 Kelurahan Sukarame, menghanguskan tiga rumah, salah satunya rumah bangsalan dengan dua pintu.    (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014