Calon haji (Calhaj) Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur diminta menunjukkan sikap dan perilaku sebagai bangsa yang bermartabat selama menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Arab Saudi.
 
"Calon haji selama jalankan ibadah di Makkah dan Madinah adalah duta bangsa Indonesia," kata Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun di sela pelepasan jamaah calon haji 2024 daerah itu di Masjid Agung Al Ikhlas Kilometer 08 Kelurahan Nipah-Nipah, Kecamatan Penajam,  Selasa.
 
Untuk itu, lanjut dia, calon haji harus menjaga kekompakan dan kembangkan sikap saling pengertian sesama jamaah lainnya.
 
"Kemudian, juga harus tunjukkan sikap dan perilaku sebagai bangsa yang bermartabat selama menjalankan ibadah haji di Makkah dan Madinah, Arab Saudi," tambahnya.
 
Ibadah haji merupakan perpaduan kegiatan jasmani dan rohani dengan waktu pelaksanaan yang cukup panjang, ditambah kondisi alam dan cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia.
 
"Jadi, jamaah calon haji harus memiliki kondisi fisik yang prima dan mental yang kuat," kata Makmur Marbun.
 
Jamaah calon haji Penajam Paser Utara yang diberangkatkan sebanyak 141 orang, terdiri atas 60 laki-laki serta 81 perempuan.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Penajam Paser Utara Muhammad Syahrir mengatakan calon haji tertua berusia 81 tahun dan termuda berusia 23 tahun.
 
Jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara masuk kelompok terbang (kloter) 16 yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan pada 5 Juni 2024.
 
 
Jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara masuk ke asrama haji Embarkasi Kota Balikpapan untuk menjalani karantina pada 4 Juni 2024, sekitar pukul 14.00 Wita, kemudian keberangkatan ke Tanah Suci pada 5 Juni 2024 sekitar pukul 13.25 Wita dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Kota Balikpapan.
 
Jamaah calon haji Kabupaten Penajam Paser Utara akan diberangkatkan bersama rombongan calon haji dari Kabupaten Paser, Kota Bontang dan Kota Samarinda pada 5 Juni 2024, yang merupakan gelombang kedua kloter 16.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2024