Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dua pemain Putra Samarinda, Kaltim, yakni Bayu Gatra Sanggiawan dan Naser Al Sebai, mendapat predikat pemain terbaik dalam tes fisik tim Putra Samarinda seusai liburan dua pekan.

Pelatih fisik Putra Samarinda, Sansan Susanpur di Samarinda, Kaltim, Kamis, mengatakan dua pemain itu, yakni Bayu Gatra dan Naser Al Sebai, mencatat nilai VO2 Max 58,02 atau terbaik diantara pemain lainnya.

"Untuk Bayu saya nilai wajar karena saat liburan tim, dia masih tergabung menjalani persiapan bersama timnas U-23," papar Sansan.

Menurut Sansan, selama liburan dua pekan kemarin tim pelatih memberikan tugas khusus kepada pemain untuk tetap menjaga kondisi fisik dan kebugarannya.

Rupanya, lanjut Sansan, tanggung jawab tersebut benar-benar dijalankan semua pemain, dengan bukti hasil tes fisik yang menunjukkan tidak ada pemain yang punya penilaian negatif.

"Semuanya masih dalam kondisi wajar, dan relatif tidak ada penurunan fisik yang cukup berarti. Rata-rata masih mendekati nilai 5 untuk VO2 Max," jelas Sansan.

Tes fisik pemain dilaksankan Selasa (1/7) malam di Stadion Madya Sempaja. Dari 22 pemain yang berkumpul, mayoritas peningkatan kekuatan fisik diperlihatkan pemain.

Dijelaskannya, dengan kondisi fisik yang bagus maka pelatih kepala tak akan banyak membuang waktu untuk program peningkatan kembali. Latihan bisa langsung difokuskan pada pemantapan persiapan untuk pertandingan usai Lebaran.

"Memang pertandingan berikutnya masih lama, tapi paling tidak pelatih kepala bisa memanfaatkan waktu yang banyak ini untuk memaksimalkan kesiapan pemain," tambahnya.

Jika tak ada perubahan jadwal, tim Pesut Mahakam akan melakoni laga pada 12 Agustus. Lawan mereka adalah Persepam Madura United.

Laga berikutnya tim Pusam akan menjalani laga tandang menghadapi Persipura Jayapura (16/8) dan Perserui Serui (24/8).

Setelah tiga laga tandang tersebut, Pusam akan bermain dua kali di kandang untuk mengakhiri kompetisi, yaitu bertemu PSM Makassar (28/8) dan Persebaya Surabaya (31/8).    (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014