Sejumlah informasi seputar Kalimantan Timur (Kaltim) ditayangkan Kantor Berita ANTARA Biro Kaltim pada Kamis (10/8), mulai dari DPRD Kaltim bersama Bankaltimtara membahas pemenuhan penyertaan modal, hingga kondisi kebakaran hutan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) dipastikan sudah padam.
 
Berikut rangkuman informasi seputar Kaltim pada Kamis (10/8) yang masih menarik untuk dibaca kembali pada hari ini:
 
1. Pemenuhan modal Bankaltimtara
 
Komisi II DPRD Kalimantan Timur menggelar rapat bersama PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur - Kalimantan Utara (Bankaltimtara) membahas pemenuhan sisa kewajiban penyertaan modal pemerintah provinsi selaku pemegang saham mayoritas. 
 
Saat ini, masih terdapat kekurangan dana sebesar Rp3,4 triliun dari total Rp5,1 triliun yang harus disetor.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
2. Terdeteksi 105 titik panas
 
Sebanyak 105 titik panas yang menjadi indikasi potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) hari ini terdeteksi di Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga masyarakat diingatkan agar tidak sembarang melakukan pembakaran untuk mencegah titik panas bertambah.
 
Informasi mengenai sebaran titik panas itu sudah disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi maupun kabupaten agar segera ditindaklanjuti.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
3. Upaya Pemilu demokratis
 
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur mengajak para pemilih aktif untuk ikut serta mewujudkan kesuksesan pemilu serentak pada 2024 dan menjadikan pesta demokrasi tersebut menjadi pemilu yang demokratis.
 
Mewujudkan pemilu serentak pada 2024 yang demokratis bukan hanya tugas individu, melainkan tugas semua pihak untuk menciptakan masa depan yang lebih baik.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
4. Penyebab gangguan listrik
 
PLN Unit Induk Penyaluran dan Pengaturan Beban (UIP3B) Kalimantan mengungkap penyebab listrik padam pada Selasa (8/8) di tiga provinsi Kalimantan ternyata karena kabel Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) tersenggol lengan crane (derek).
 
Crane itu menjadi bagian dari pekerjaan konstruksi di Kariangau, Balikpapan, Kalimantan Timur. Peristiwa itu berdampak pada kerusakan infrastruktur listrik dan mengakibatkan sebagian pelanggan di Kalimantan Selatan, Tengah, dan Timur terdampak.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.
 
5. Pemadaman karhutla di IKN
 
Manggala Agni Daerah Operasi (Daops) Kalimantan XII/Paser - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) memastikan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sekitar IKN, tepatnya di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, sudah padam.
 
"Kami datang langsung ke lokasi kemarin sore untuk melakukan pengecekan, sehingga dapat dipastikan karhutla yang terpantau sebelumnya, kini kondisinya sudah padam," ujar Kepala Manggala Agni Daops Kalimantan XII/Paser M Faisal dihubungi dari Samarinda, Kamis.
 
Berita selengkapnya bisa dibaca di sini.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Imam Santoso


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023