Samarinda (ANTARA Kaltim)-Tokoh olahraga Kalimantan Timur Harbiansyah Hanafiah mengharapkan semua calon anggota legislatif (caleg) DPR RI harus punya inisiatif untuk memperjuangkan kepentingan Provinsi Kaltim di tingkat pusat.

"Saya menilai selama ini banyak kepentingan Provinsi Kalimantan Timur yang belum diakomodir di tingkat pusat, padahal Kaltim sebagai salah satu daerah yang telah memberikan kontribusi besar kepada psat terutama yang berasal dari kekayaan alamnya," katanya di Samarinda Rabu.

Tokoh olahraga yang juga caleg DPR RI dari Partai Nasdem untuk Pemilu 2014 mengatakan, faktanya bertahun-tahun di Samarinda dan sekitarnya, sering terjadi bencana banjir, pembangunan infrastruktur yang kurang tersentuh oleh bantuan pusat, dan masih banyak lagi aspek lainnya yang perlu diperjuangkan.

Menurut Harbiansyah, banjir musiman di Samarinda dan sekitarnya penyebab utamanya adalah pendangkalan di alur suangai Mahakam, dan itu membutuhkan biaya besar untuk pemulihannya.

"Kalau memang dana dari pemerintah provinsi tidak mencukupi, kita harus berinisiatif untuk berjuang di timngkat nasional, dan semestinya ini menjadi tugas dan tangung jawab wakil rakyat dapil Kaltim yang duduk di DPR RI," ujarnya.

Disisi lain, Harbiansyah juga menelorkan gagasan pengembangan olahraga di Kaltim khususnya cabang sepak bola.

"Dari dulu saya punya harapan untuk menjadikan Kaltim sebagai kiblat sepakbola khususnya di Indonesia Timur, dan alhamdulilah saat ini sudah mulai kelihatan dengan wujud medali emas cabang sepak bola di PON 2012, dan tumbuh berkembangnya klub sepak bola di Kalimantan Timur," kata Harbiansyah.

Wacana besar yang akan diperjuangkan, menurut dia, adalah menjadikan Kaltim sebagai "home base" timnas khususnya untuk timnas kelompok umur.

"Saya sudah merencanakan pembangunan Stadion berikut sarana pelengkapnya di Samarinda, yang nantinya akan menjadi tempat dan pusat olahraga di Kaltim," kata Harbiansyah.

Ide dan gagasan tersebut akan diperjuangkan Harbiansyah di tingkat nasional, bila terpilih menjadi anggota DPR RI pada pemilu 2014, melalui dana subsidi APBN.

"Mudah-mudahan semuanya bisa saya wujudkan, karena saya berkeinginan untuk berbuat yang terbaik di Kalimantan Timur," ujarnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2014