Samarinda (ANTARA Kaltim) - Dewan Pimpinan Wilayah Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kalimantan Timur menggelar acara sosialisasi Pemilu Legislatif 2014 melalui ajang kejuaraan sepak bola tarkam atau antar-kampung di lapangan Kinibalu, Kota Samarinda.

Ketua DPW NasDem Kaltim Achmad Amins di Samarinda, Minggu, mengatakan sepak bola tarkam tersebut digagas sebagai bentuk kepedulian partainya terhadap pembinaan potensi pemain sepak bola di daerah.

"Tak hanya kegiatan seperti ini saja yang kami agendakan, karena masih banyak yang lainnya seperti kejuaraan futsal, bola voli, dan motor cross yang bakal dilaksanakan," imbuh Ahcmad Amins.

Kejuaraan sepak bola tarkam tersebut diikuti 64 tim dari perwakilan Samarinda, Kukar dan Bontang, memperebutkan piala Harbi atau Harbiansyah Hanafiah, salah satu calon legislatif Nasdem untuk DPR RI.

Pada babak awal, kejuaraan tersebut mengunakan sistem gugur, dan kemudian memasuki babak 16 besar baru menerapkan sistem setengah kompetisi.

Menurut Harbiansyah, kejuaraan sepak bola tarkam merupakan bagian dari budaya masyarakat Samarinda dan sekitarnya di wilayah Kaltim, yang dalam kurun belakangan sudah mulai tergerus oleh perubahan zaman.

Padahal, lanjut Harbiansyah, melalui kejuaraan kecil antar-kampung tersebut tidak jarang bisa melahirkan potensi atlet berbakat, yang nantinya bisa diproyeksikan menjadi kekuatan atlet nasional.

"Komitmen saya terjun ke dunia politik ini tidak akan bisa dilepaskan dari unsur olahraga. Makanya saya lebih fokus mengagarap kegiatan olahraga dalam gelaran sosialiasi pemilu," katanya.

Harbiansyah berharap melalui kejuaran sepak bola antar-kampung, bisa menjadi pelecut cabang olahraga yang lain, untuk melaksanakan kejuaraan-kejuaran dalam sekala kecil di daerah.

"Saya yakin dengan banyaknya kejuaran di semua cabang olahraga sampai di tingkat terkecil seperti kampung, maka ke depan bisa menjadikan lahirnya bakat-bakat atlet baru di seluruh penjuru negeri," tegas Harbiansyah.   (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013