Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Kamis (12/1), mulai dari bantahan Wapres soal isu intervensi Istana terkait pendaftaran parpol hingga Presiden Jokowi keliling Kokas untuk memeriksa kondisi di lapangan usai PPKM berakhir.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum oleh ANTARA.

Wapres: Tak ada intervensi Istana terkait pendaftaran parpol

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menegaskan tidak ada intervensi dari pihak Istana Kepresidenan kepada penyelenggara pemilu terkait proses pendaftaran partai politik calon peserta pemilu.

“Saya kira sudah dijawab oleh Presiden, Istana, nggak ada itu (intervensi). Hanya kalau terjadi apa-apa alamatnya ke Istana, padahal Istana tidak pernah ikut campur, ya,” tegas Ma’ruf di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

KSP kawal "pandemic fund" dan transfer teknologi vaksin dari KTT G20

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal TNI (Purn) Moeldoko mengatakan pihaknya akan mengawal implementasi dari program pandemic fund, transfer teknologi vaksin, dan beberapa program lainnya yang dihasilkan dari Konferensi Tingkat Tinggi G20 pada November 2022.

Moeldoko dalam keterangannya di Jakarta, Kamis, mengatakan selain pandemic fund dan teknologi vaksin, pihaknya juga akan mengawasi penerapan program untuk mengantisipasi perubahan iklim dan mengantisipasi krisis pangan.

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud: Presiden segera gelar rapat soal pemulihan korban HAM berat

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menyampaikan Presiden RI Joko Widodo segera menggelar rapat khusus untuk membahas dan memastikan bahwa pemulihan bagi para korban pelanggaran HAM berat di masa lalu berjalan efektif.

"Bagaimana untuk memastikan dan menjamin agar pemulihan oleh negara berjalan efektif? Jadi ada dua. (Pertama) dalam waktu dekat ini, Presiden atau kabinet akan melakukan rapat khusus bicara tentang ini," ujar Mahfud saat memberikan keterangan pers, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Kemenko Polhukam RI di Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Wapres minta Fatayat NU perkuat kelembagaan untuk membangun negeri

Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta organisasi Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) memperkuat kelembagaannya untuk membangun negeri dengan berkontribusi pada berbagai bidang pembangunan.

Hal itu disampaikan oleh Wapres saat menerima Pimpinan Pusat Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) beserta jajarannya di Istana Wapres, Jakarta, Kamis.

Selengkapnya baca di sini.

Presiden Jokowi keliling Kokas untuk cek aktivitas usai PPKM berakhir

Presiden Joko Widodo mengunjungi pusat perbelanjaan Kota Kasablanka (Kokas), Jakarta, pada Kamis malam untuk mengecek aktivitas perekonomian usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Indonesia dicabut.

Jokowi tiba di Kokas sekitar pukul 19.20 WIB lalu mengelilingi mal sembari melihat produk-produk yang dipajang di etalase toko.

Selengkapnya baca di sini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, isu intervensi Istana hingga Jokowi keliling Kokas

Pewarta: Putu Indah Savitri

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2023