Nunukan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 9.802 warga dalam kategori miskin yang mendapat kartu perlindungan sosial (Karlinsos) di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, menerima dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) tahap kedua di kantor pos setempat.

Kepala Kantor Pos Cabang Kabupaten Nunukan Carianto, Kamis, mengatakan bahwa pembayaran BLSM dilakukan di empat kantor di Kabupaten Nunukan sejak 30 September dan berakhir 10 Oktober 2013

Keempat kantor pos tersebut yakni Kantor Pos Cabang Kabupaten Nunukan akan membayarkan dana BLSM kepada 3.632 rumah tangga sasaran (RTS) pada tiga kecamatan yakni Nunukan, Nunukan Selatan dan Seimenggaris.

Begitu juga pada Kantor Pos Sei Nyamuk Pulau Sebatik mulai membayarkan dana yang sama sesuai jadwal kepada 2.423 RTS, Kantor Pos Kecamatan Lumbis 2.336 RTS, Kecamatan Krayan dan Krayan Selatan sebanyak 433 RTS dan Kantor Pos Kecamatan sebuku sebanyak 978 RTS.

Khusus pembayaran dana BLSM melalui Kantor Pos Cabang Kabupaten Nunukan, Carianto menyatakan, masyarakat penerima karlinsos mulai berbondong-bondong mendatangi kantor pos tersebut untuk mendapatkan pembayaran sebesar Rp300.000 per orang untuk dua bulan.

"Kita melakukan pembayaran setelah adanya petunjuk dari Kantor Pos Kota Tarakan (Kalimantan Utara)," ujar dia.

Carianto mengaku penerima BLSM tahap kedua di Kabupaten Nunukan sama dengan jumlah penerima pada pembayaran tahap pertama.

Tidak adanya perubahan penerima tersebut, dia mengungkapkan selama ini tidak ada laporan dari pihak Ketua RT di wilayah itu

meskipun pada pembayaran tahap pertama terdapat 10 pemilik karlinsos yang mengembalikan kartunya melalui pemerintah setempat karena menganggap dirinya tidak layak menerima dana bantuan bagi orang miskin tersebut.

Ia menyampaikan bagi pemilik Karlinsos yang belum sempat mencairkan dana BLSM sesuai jadwal, akan diberikan waktu hingga Desember.

"Bagi masyarakat penerima Karlinsos yang belum mencairkan dananya akan diberikan waktu hingga Desember 2013 untuk datang di kantor pos menerimanya," terang Carianto.  (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013