Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser bakal menggelar festival ekonomi kreatif (Ekraf) pada September mendatang untuk menumbuhkan ekonomi masyarakat.
 

"Karena Ekraf salah satu sektor potensial untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat," kata Kepala Disporapar Paser ,Muksin, di Tanah Grogot, Sabtu  (20/8/2022).

Menurutnya, festival Ekraf akan diisi  berbagai kegiatan seperti  pameran Ekraf, festival kuliner, karnaval batik, festival film pendek, seni pertunjukan, musik kreatif, dan tari-tarian kreasi.

"Untuk kelancaran kegiatan ini, kami sudah minta  dukungan dari para pelaku Ekraf  karena kegiatan ini salah satu pengungkit pertumbuhan ekonomi masyarakat," ujar Muksin.

Dikemukakannya, dari hasil kajian yang dilakukan  peneliti  dari Universitas Mulawarman beberapa waktu lalu, kuliner menempati posisi teratas dalam sub sektor ekonomi kreatif (Ekraf) di Kabupaten Paser.

"Kajian ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan Peta Jalan Pengembangan Ekonomi Kreatif ," ucapnya.

Muksin menjelaskan, hasil kajian tersebut disampaikan pihak Universitas Mulawarman dr. Erwiantono saat memaparkan hasil riset tentang sub sektor Ekraf unggulan dan potensial untuk dikembangkan di Kabupaten Paser di ruang rapat Bappedalitbang  beberapa waktu lalu.

“Hasil kajian menunjukkan kuliner menempati posisi paling atas sebagai sub sektor Ekraf potensial  disusul film/animasi/video, musik, seni pertunjukan, fashion dan wastra (kain tradisional) serta fotografi,” katanya

 

Pewarta: R. Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022