Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Desa Kota Bangun Ilir Kecamatan Kota Bangun Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dapat dijadikan contoh bagi desa-desa lainnya dalam program lingkungan bersih.

"Kota Bangun Ilir ini bisa dicontoh bagi desa-desa lainnya di Kukar bahkan kecamatan, untuk menggalakkan upaya lingkungan bersih," ujar Ketua Forum Gerakan Kukar Sehat, Abrianto Amin, saat menghadiri penutupan lomba lingkungan sehat dan balita sehat, di desa Kota Bangun Ilir, Sabtu (14/9) sore.

Dikatakan Abrianto, upaya desa Kota Bangun Ilir menggelar kegiatan yang berkaitan dengan kebersihan lingkungan tersebut, sejalan dengan keinginan Pemkab untuk menuju Kukar Sehat 2015.

Menurutnya kegiatan lingkungan bersih di tingkat desa yang melibatkan RT dan masyarakat tersebut, merupakan cikal bakal menuju kecamatan yang bersih, kemudian diharapkan berlanjut hingga tingkat kabupaten.

Dikatakannya, dalam usaha mewujudkan lingkungan bersih dan sehat tidak bisa hanya dilakukan pemerintah, namun merupakan tanggung jawab bersama, khususnya masyarakat.

"Maka demi mewujudkan Kukar sehat 2015, diperlukan aksi bersama oleh masyarakat yaitu dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan membiasakan pola hidup sehat,"  demikian imbaunya.

Sementara panitialomba lingkungan sehat dan balita sehat  Kota Bangun Ilir, Erwin Nursanjaya, mengatakan kegiatan tersebut berlangsung sejak Juni lalu, yang penilaiannya dilaksanakan hingga September ini.

Dijelaskannya, lomba lingkungan sehat di ikuti seluruh RT di Kota Bangun Ulu, sedangkan lomba balita sehat pesertanya merupakan perorangan. Sedangkan tim penilainya, yaitu dari tim kesehatan Puskesmas dan aparat desa setempat.

"Yang dinilai yaitu kebersihan rumah, WC yang memiliki septik tank, limbah rumah tangga, lingkungan, dan aktif tidaknya laporan kependudukan RT kepada Desa," terangnya.

Sementara Camat Kota Bangun, Mawardi mengatakan akan mengadakan lomba serupa di tingkat kecamatan 2014 mendatang, sebagai lanjutan lomba tingkat desa.

"Lomba lingkungan sehat tingkat kecamatan nanti merupakan upaya mendukung Kukar Sehat 2015," katanya.

Untuk diketahui pemenang lomba lingkungan sehat Kota Bagun Ilir yaitu juara I diraih RT 06 dengan skor 570, juara II RT 05 dengan nilai 520, sedangkan juara III diaih RT 08 skor 470.

Sedangkan pemenang lomba balita sehat kelompok umur (KU) 6-11 bulan, yaitu juara I Diva Andriyani, Juara II Dafin Abdillah, dan juara III Abdurrahman Farin.  Pemenang KU 12-23 bulan yaitu M Nabil Adha, juara II Amelia T Putri, dan Dafa Putra. Untuk pemenang KU 24-59 bulan yakni juara I Febriano Jetro, juara II Sherina, dan juara III Fauzan.    

Acara tersebut dihadiri forum koordinasi pimpinan daerah kecamatan dan desa setempat, Ketua AMPI yang juga anggota DPRD Kukar Salehudin, serta warga setempat yang memenuhi lapangan desa. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013