Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-30 tahun 2013 di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diperingati dalam sebuah apel pagi yang dirangkai dengan penyerahan penghargaan terhadap atlet berprestasi, Kamis, di halaman kantor Bupati Kukar.

Penyerahan penghargaan bagi atlet berprestasi itu diserahkan oleh Wakil Bupati Kukar HM Ghufron Yusuf. Penerima penghargaan tersebut di antaranya, yaitu tim Mitra KUkar U-21 yang baru saja keluar sebagai runner up Liga Super Indonesia U-21, dan atlet Kempo yang berprestasi pada kejuaraan Sorinji Kempo di Osaka Jepang baru-baru ini.

Bertindak selaku pembina apel tersebut yaitu Wabup HM Ghufron Yusuf, yang dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah serta kepala instansi di lingkungan Pemkab Kukar.

Apel tersebut diikuti peserta dari unsur PNS, Polres, Kodim 0906, pelajar dan siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) di KUkar, pemain kesebelasan Kukar U-16, serta skuad Mitra Kukar U-21.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Roy Suryo yang dibacakan Ghufron, mengtakan bahwa olahraga adalah salah satu indikasi keberhasilan pembangunan nasional, sehingga pembinaan dan pengembangan olahraga harus ditempatkan dalam kerangka 'spirit of the nation', alat pemersatu bangsa dan sebagai gaya hidup sehat dan bugar manusia Indonesia modern.

Dia juga mengajak kepada semua pimpinan lembaga, instansi pusat dan daerah serta pihak swasta untuk menggerakkan masyarakat dan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan "Pembudayaan Olahraga" melalui penyediaan sarana dan prasarana, pendanaan, menggalakkan event-event olahraga serta melaksanakan Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 1984 yakni Jam Krida Olahraga pada setiap hari Jum'at.

"Semoga Peringatan Haornas ke 30 Tahun 2013 dengan tema Olahraga Membangun Karakter Bangsa dapat menggelorakan semangat berolahraga diseluruh tanah air tecinta," katanya.

Acara peringatan Haornas tersebut diisi dengan aksi menggiring 1.000 bola oleh siswa SSB yang dipandu Mitra Kukar U-21 dan Kukar U-16, senam bersama dan pengundian hadiah 'doorprize`.

Acara juga dirangkai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Bank Kaltim cabang
Tenggarong dengan Pengcab Persatuan Bulu Tangkis Kukar.

Dalam MoU tersebut salah satu isinya disebutkan Bank Kaltim cabang Tenggarong akan memberikan bantuan pendanaan kepada Pengcab persatuan Bulu Tangkis Kukar dalam melaksanakan pembibitan, pembinaan dan pengembangan prestasi Bulu Tangkis Kukar. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013