Legislator dari DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur Zaenal Arifin mendukung pemerintah pusat segera merealisasikan pemindahan dan pembangunan ibu kota negara atau IKN Indonesia baru bernama Nusantara.
 
Informasi yang diterima menurut anggota Komisi III DPRD Kabupaten Penajam Paser Utara itu di Penajam, Kamis, Presiden Joko Widodo akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Istana Negara pada 17 Agustus 2022.
 
Peletakan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan Istana Negara membuktikan pemindahan dan pembangunan ibu kota negara Indonesia yang baru bakal terwujud
 
Pembangunan Istana Negara dimulai pada tahun ini (2022) kata dia, merupakan keseriusan pemerintah pusat mewujudkan IKN Nusantara 
 
"Kami dukung pemerintah pusat untuk realisasikan pemindahan dan pembangunan ibu kota negara pada tahun ini (2022)," tambahnya.
 
Pemerintah pusat diharapkan memberikan perhatian terhadap pembangunan infrastruktur di daerah penyangga IKN Nusantara.
 
Salah satunya pembangunan jalan dari Kelurahan Buluminung menuju Jembatan Pulau Balang di Kabupaten Penajam Paser Utara.
 
"Pemerintah pusat agar bisa bantu bangun jalan itu karena belum terhubung , karena sebagai akses menuju ibu kota negara Indonesia yang baru," jelas Zaenal Arifin.
 
Sejumlah pembangunan infrastruktur dasar IKN Nusantara pada sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur sudah berjalan.
 
Pembangunan infrastruktur dasar yang sedang berjalan tersebut di antaranya pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi dan pembangunan pengambil air (intake) Sungai Sepaku.
 
Kemudian pembangunan jalan lingkar Sepaku serta pelebaran jalan poros Petung-Sepaku juga tengah dilakukan.(Adv)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022