Agenda sepeda Bhayangkara Gowes Samarinda-Balikpapan menempuh jarak 124 km dari Samarinda ke Balikpapan diikuti tidak kurang dari 600 pesepeda dari berbagai kota di Indonesia.
 

“Selain dari Balikpapan dan Samarinda, ada juga peserta dari Jakarta, Yogya, juga Surabaya,” kata Kapolda Kaltim Irjen Pol Imam Sugianto, Minggu.

Kapolda juga menjadi satu peserta, bersama dengan sejumlah pejabat Polda Kaltim.

Kegiatan ini untuk memeriahkan peringatan Hari Bhayangkara, hari jadi Kepolisian Republik Indonesia 1 Juli mendatang.

Para peserta berkumpul di Polresta Samarinda, dan mulai perjalanan ke Balikpapan pukul 08.00 Wita. Rute melalui Jalan Soekarno-Hatta, jalan yang menghubungkan kota Balikpapan dan Samarinda, termasuk meliuk-liuk di jalan berkelok-kelok di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto.

Rute sepanjang 124 km itu juga dibagi ke dalam 4 etape dan sepanjang jalan tersedia sejumlah pos minum, di mana peserta bisa minum atau juga mengisi ulang botol air di sepedanya.

Di Balikpapan, garis finish ada di Lapangan Merdeka di Jalan Jenderal Soedirman, tak jauh dari rumah jabatan Kapolda.

Melihat antusiasme peserta dan masyarakat yang menonton sepanjang jalan mulai dari start di Samarinda hingga di Lapangan Merdeka di Balikpapan, menurut Kapolda Imam, tak menutup kemungkinan kegiatan sepeda ini dijadikan acara tetap Hari Bhayangkara.

Menurut Kapolda, dari kegiatan itu bisa diharapkan muncul pesepeda tangguh untuk nomor balap jalan raya.

Meskipun sebagian besar peserta bukan atlet balap sepeda dan ikut karena memang hobi bersepeda, tetap saja ada persaingan antarpeserta.

Apalagi ada hadiah bagi yang masuk finish pertama . Adalah Adi Nugraha alias Alung dar klub sepeda KJ Samarinda yang finish pertama dan mendapat hadiah Rp10 juta.

“Tiga  minggu sebelum ini saya mengatur waktu dan jarak tempuh dari jadwal sepedaan rutin, agar saat hari ini punya stamina cukup dan kuat nggowes sampai finish,” katanya semringah.

 
 

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022