Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) HM Ghufron Yusuf melaksankan inspeksi mendadak (Sidak) ke beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), untuk memantau kehadiran Pegawai Negeri Sipil (PNS) setelah masa liburan Idul Fitri 1434 hijriah.

Adapun SKPD yang pertama dituju yakni Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T), kemudian Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dilanjutkan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Dinas Pertambangan dan Energi lalu di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa.

Rombongan Wakil Bupati Kutai Kartanegara kemudian mendatangi Kantor  Kecamatan Tenggarong selanjutnya ke kantor Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) dan SKPD terakhir yang didatangi adalah Dinas Tenaga Kerja dan Transmirasi.

Ghufron juga meninjau pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah AM Parikesit dan Pusat Kesahatan Masyarakat kelurahan Loa Ipuh.

Saat Sidak di SKPD tersebut, yang pertama ditanyakan adalah jumlah kehadiran PNS dengan memeriksa daftar hadir atau absen.

Jika ada yang tak hadir tanpa keterangan yang jelas, Ghufron menghimbau kepala instansi yang bersangkutan untuk menegur stafnya.

Usai melakukan sidak secara acak dibeberapa SKPD tersebut, Ghufron mengatakan, secara umum kedisiplin PNS masih cukup tinggi, meski ada PNS yang datang terlambat dan beberapa belum masuk bekerja.

"Kehadiran PNS di beberapa SKPD yang kita tinjau tadi rata-rata kehadirannya mencapai 85 persen. Persentase tersebut masih dinilai cukup wajar karena tadi juga ada yang izin," ujar Ghufron.

Terkait  tindak lanjut bagi PNS yang tak hadir tanpa keterangan yang jelas, Ghufron mengatakan menyerahkan hal tersebut kepada kepala SKPD masing-masing.

"Kami serahkan kepada kepala SKPD untuk berikan teguran kepada stafnya, karena sanksi itu diberikan secara berjenjang,"  katanya.

Khusus untuk pantauan pelayan RSUD dan Puskesmas, menurut Ghufron berjalan dengan lancar, meski pasien membludak setelah Idul Fitri ini.

"Menurut pimpinan RSUD AM Parikesit dan Puskesmas Loa Ipuh pelayanan tetap bisa dijalankan maksimal," ujarnya.

Dalam sidak tersebut, Ghufron didampingi Sekretaris Daerah Edi Damansyah, seluruh Asisten Setkab Kutai Kartanegara, para Staf Ahli, Kepala BKD Ridha Darmawan serta Kabag Humas dan Protokol Setkab Kukar Dafip Haryanto. (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013