Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Moeldoko dijadwalkan mencanangkan program rehabilitasi 1.000 unit rumah tidak layak huni di Desa Rempanga Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, Sabtu (6/7).

"Program rehabilitasi 1.000 rumah miskin tidak layak huni tersebar di 16 Kecamatan se-Kutai Kartanegara, tapi pencanangannya dipusatkan di Loa Kulu oleh Kasad," kata Komandan Kodim 0906 Tenggarong, Letnan Kolonel Inf Dendi Suryadi, di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Jumat.

Menurut Dandim Dendi Suryadi, Kasad akan mencanangkan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 1.000 unit, yang merupakan program Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan TNI membantu pelaksanaan pekerjaan.

Dia mengatakan, program tersebut merupakan program Pemkab Kukar, dan TNI hanya membantu pelaksanaan pekerjaannya, sedangkan pengadaan materialnya dilakukan secara lelang terbuka melalui Dinas Sosial Kukar.

"Kami bekerja berdasarkan gambar atau pipel yang sudah dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum Bidang Cipta Karya. Draf dan gambar sudah ada dan TNI membantu dalam pembangunannya di 16 kecamatan," ujar Dandim.

Dandim Letkol Inf Dendi Suryadi, didampingi Mayor Inf Purba Kapenrem 091/ASN dan Mayor (Chb) Mardiah Muliani Kepala Seksi Dokumentasi dan Publikasi Korems 091/ASN, mengatakan dari 1.000 unit rumah tidak huni yang akan di rehab yang akan dicanangkan Kasad mulai 6 Juli nantinya akan dibagi dalam tioga zona berdasarkan wilayah, yakni wilayah tengah, wilayah hilir dan wilayah hulu.

Dari wilayah zona tengah meliputi Kecamatan Loa Janan, Loa Kulu, Sebulu, Kec. Tenggarong dan Kecamatan Tenggarong Seberang dikerjakan selama satu bulan dimulai 6 Juli hingga 6 Agustus 2013.

Kemudian zona hilir meliputi Kecamatan Sanga-Sanga, Samboja, Muara Jawa, Anggana, Marangkayu dan Muara Badak dimulai Agustus.

Sedangkan untuk wilayah zona hulu meliputi Kecamatan Tabang, Kembang Janggut, Senohan, Kota Bangun, Muara Kaman, Muara Wis itu nanti tiga bulan berikutnya dikerjakan.

Target pelaksanaan 1.000 unit rumah itu akan selesai dilaksanakan tahun 2013 ini, dengan melibatkan 1.050 personel TNI AD dari Kodim 0906 Tenggarong, Korem 091/ASN hingga personel Koramil di masing-masing kecamatan dengan setiap zona akan ditempatkan 350 personel TNI AD.

Kegiatan Kasad ini, kata Dandim, merupakan rangkaian berbagai kegiatan pencanangan karya bakti dan bakti sosial TNI AD skala besar tahun 2013 di Kutai Kartenagara, seperti pengobatan massal operasi katarak, operasi bibir sumbing, hernia, khitanan missal, kesehatan umum dan pelayanan KB serta melaksanakan bazar murah. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013