Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 500 atlet menembak dari sejumlah Perbakin di Indonesia mengikuti Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Awang Faroek Cup II 2013 yang berlangsung sejak 21 hingga 30 Juni di Lapangan Tembak Kelurahan Manggar, Balikpapan.

Ketua Panitia Kejurnas Menembak Awang Faroek Cup II Joko Setiono, dihubungi dari Samarinda, Senin, mengemukakan nomor yang dipertandingkan dalam Kejurnas ini adalah 10 meter 'air riflle' air pistol, 25 meter pistol women, 25 meter standar dan rapid pistol, serta nomor 25 meter 'center pistol'.

Selain nomor tersebut juga diperlombakan 50 meter riflle prone, 50 meter triple positios, dan nomor 50 meter man pistol.

Hadiah yang disiapkan bagi para pemenang bernilai total Rp300 juta, katanya.

Peserta kejurnas berasal dari Perbakin Cabang se-Kaltim dan Perbakin berbagai provinsi. Dari Kaltim adalah Perbakin Cabang (Pengcab) Samarinda, Balikpapan, Kutai Timur, Berau, Bontang, Tarakan, dan Perbakin Cabang Kutai Barat.

Sedangkan peserta Perbakin dari luar Kaltim adalah Perbakin Pengurus Daerah (Pengda) Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Aceh, Bogor, Cirebon, Nusa Tenggara Barat, Bali, DI Yogya, DKI Jaya, Kepulauan Riau, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Perbakin Pengda Sumatera Selatan.

Menurut dia, Kejurnas ini merupakan kejuaraan yang kedua kalinya setelah 2011. Kegiatan ini diikuti sedikitnya 500 orang atlet dari 18 Pengurus Daerah dan Pengurus Cabang dari berbagai kota di Indonesia.

Melalui Kejurnas ini diharapkan muncul sejumlah bibit muda berbakat baik dari Kaltim maupun dari daerah lain.

Sedangkan untuk petembak di tingkat nasional, Awang Faroek Cup II sebagai ajang dalam seleksi Sea Games XXVII di Myanmar dan Seleksi Nasional PON XIX di Jawa Barat pada 2016.   (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013