Balikpapan (ANTARA Kaltim) - PT Sumberdaya Sewatama (Sewatama), melalui anak perusahaannya, menawarkan pembangkit energi listrik secara alternatif, yang tidak menggunakan bahan bakar solar seperti sekarang.

"Ada Nagata (PT Nagata Bisma Shakti) yang piawai dalam pembangkitan listrik menggunakan tenaga air (hidro), angin, biomassa, geothermal, energi gelombang, sinar matahari, dan hibrid, campuran dari bebagai cara pembangkitan itu," kata Suhandi Basri, Media Relation Specialist Sewatama di arena pameran Balikpapan Expo di Dome, Balikpapan, Kamis.

Sewatama juga memiliki PT Pradipta Aryasatya yang mengkhususkan diri dalam pembangkitan energi menggunakan gas dan batu bara, selain bahan bakar minyak.

PT Pradipta memiliki teknologi membangkitkan listrik menggunakan mesin yang hidup dari gas metan batu bara (coal bed methane), batu bara cair (liquefied coal), gas alam, gas alam cair, dan LPG (liquified petroleum gas).

Menurut Suhandi, dengan teknologi alternatif seperti tenaga air dan angin, daerah-daerah yang jauh bisa mendapatkan listrik dengan murah.

"Memang biasanya untuk energi alternatif pada awalnya perlu investasi besar, tapi ke depannya akan sangat banyak penghematannya," sebut Suhandi.

Sewatama sendiri saat ini baru selesai mengerjakan pembangkit listrik geothermal di Sukabumi, Jawa Barat. Proyek ini adalah community social responsibility dari perusahaan yang baru saja membayar obligasi Rp23,56 miliar tersebut.

Bisnis utama Sewatama sendiri adalah penyedia solusi ketenagalistrikan terpadu untuk industri pertambangan, minyak, dan gas di Indonesia.

Sewatama bernaung dalam Tiara Marga Trakindo Group dan anak usaha perusahaan energi terintegrasi PT ABM Investama Tbk.

Dalam pameran di Balikpapan Expo tersebut, Sewatama menyediakan berbagai solusi kelistrikan terpadu yang terdiri atas Temporary Power (Listrik Sementara), Operations and Maintenance (operasional dan pemeliharaan aset ketenagalistrikan), dewatering (penyewaan pompa dan pengelolaan air untuk pertambangan) dan Power Optimization (optimalisasi energi ), serta Long Term Power Solutions (solusi energi jangka panjang).

Menurut Suhandi, Sewatama memiliki kapasitas pembangkitan di atas 1 Gigawatt dan mampu menjadi solusi layanan listrik cepat hingga lokasi wilayah terpencil di Indonesia.

"Khusus untuk pelanggan kami di Kalimantan Timur, kami punya kantor layanan di Balikpapan," kata Suhandi. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013