Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah (DPU Kimpraswil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur berencana untuk membangun tugu Adipura sebagai simbol bahwa Kabupaten PPU pernah meraih Piala Adipura.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan DPU Kimpraswil Kabupaten PPU, Tita Deritayati, Kamis, mengatakan tugu tersebut, untuk menunjukan kepada seluruh masyarakat bahwa Kabupaten PPU sudah pernah meraih piala Adipura.

Menurutnya  DPU Kimpraswil sudah merencanakan untuk membangun tugu Adipura tersebut, di dekat Gerbang Madani tidak jauh dari taman Rozela. Untuk mewujudkan ini, DPU Kimpraswil akan mengajukan anggaran sebesar Rp1,7 miliar.

"Rencana pembangunan tugu Adipura ini bisa diwujudkan pada tahun 2014 mendatang. Perencanaannya sudah kami buat dan anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp1,7 miliar. Mudah-mudahan tahun depan bisa kami wujudkan," kata Tita.

Selain itu, Tita menyatakan, pihaknya juga akan mengajukan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU, untuk memberikan bonus kepada para petugas kebersihan dan pertamanan yang setiap hari melakukan tugas menjaga kebersihan dan keindahan Kabupaten PPU.

"Kami ajukan ke Pemkab agar para petugas kebersihan dan pertamanan, bisa diberikan bonus sebagai ucapan terima kasih atas kerja keras mereka selama ini, sehingga Kabupaten PPU bisa meraih piala Adipura," ujarnya.

Untuk peningkatan kesejahteraan para petugas kebersihan dan pertamanan, Tita mengatakan, agar para petugas kebersihan dan pertamanan ada peningkatan gaji. Karena selama ini, gaji yang diterima setiap bulan hanya Rp1.090.000, termasuk jaminan sosial tenaga kerja (Jamsostek).

"Gaji sebesar itu sudah terima sejak 2009 lalu, dan sampai sekarang belum ada peningkatan. Kami sudah ajukan ke Pemkab PP kalau bisa gaji mereka juga ditingkatkan untuk tahun depan," ungkapnya.

Sementara itu, para petugas kebersihan dan pertamanan merasa senang dengan adanya rencana pemberian bonus dan kenaikan gaji. Yusni, petugas kebersihan mengatakan, teman-teman bersyukur kalau pemerintah akan memberikan bonus dan kenaikan gaji.

"Kami sebulan menerima Rp1.095.000 sudah dengan Jamsostek dari tahun 2009, kalau dinaikkan kami akan merasa senang. Karena setidaknya kami dapat menyisihkan untu ditabung," ujarnya.

Terkait dengan diraihnya piala Adipura, para petugas kebersihan dan pertamanan mengatakan, keberhasilan meraih Piala Adipura ini merupakan perjuangan bagi seluruh masyarakat Kabupaten PPU. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu kami dalam menjaga kebersihan

Jamilah, petugas kebersihan menyatakan, dirahnya piala Adipura membuat kami bangga karena perjuangan kami untuk menjaga kebersihan selama ini bisa membuahkan hasil. Dan untuk bisa bekerja lebih keras lagi agar tahun depan bisa diraih kembali.

"Apa yang sudah kami lakukan selama ini tidak sia-sia. Setiap hari teman-teman selalu menjaga kebersihan, akhirnya bisa mendapatkan penghargaan ini. Dan tidak lupa terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah membantu kami dalam menjaga kebersihan," katanya. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013