Penajam (ANTARA Kaltim) - Piala Adipura yang sebelumnya diterima langsung Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Andi Harahap di Istana Negara, dari dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin (10/6), diarak keliling wilayah PPU oleh ratusan petugas kebersihan dan pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum, Pemukiman dan Prasarana Wilayah (DPU Kimpraswil), Rabu (12/6).

Bupati PPU Andi Harahap mengaku, sangat bangga dengan penghargaan yang diterima. Karena baginya, piala Adipura merupakan sejarah bagi Kabupaten PPU karena tidak semua daerah meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan tersebut.

"Terus terang saya tidak menyangka akan mendapatkan piala Adipura ini. Karena di Indonesia hanya sedikit yang meraih piala Adipura kategori kota kecil," jelasnya.

Dengan diraihnya piala Adipura, kata Andi Harahap merupakan bukti bahwa Kabupaten PPU sudah diakui di Indonesia dan sudah bisa menjadi contoh. Dan penghargaan tersebut, dipersembahkan bagi seluruh masyarakat PPU.

"Dengan bantuan mereka yang selama ini selalu menjaga kebersihan, sehingga Kabupaten PPU sukses peraih piala Adipura," ujarnya.

Selain itu, Andi Harahap juag mengucapkan banyak terima kasih kepada petuga kebersihan dan pertamanan, karena atas kerja keras Kabupaten PPU bisa meraih Piala Adipura. Ia berharap agar tahun depan Piala Adipura dapat dipertahankan dan kembali diraih.

"Siapa pun nanti pejabat dan pemimpinnya, saya hanya berharap agar piala Adipura ini bisa kembali diraih tahun depan. Dari dulu saya selalu katakana, bahwa PPU ini bukan kabupaten pemberian tapi perjuangan, sehingga piala Adipura juga harus diperjuangkan agar bisa diraih tahun depan," katanya.

Sementara itu, sebelum arak-arakan yang juga diikuti sejumlah pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilakukan, Bupati PPU Andi Harahap, Plt Sekretariat Kabupaten (Sekkab) PPU Abdul Zaman dan sejumlah kepala SKPD serta ratusan petugas kebersihan dan pertamanan, menunggu piala Adipura yang dibawa Kasi Kebersihan Edi Hasmoro dari Balikpapan.

Setibanya di pelabuhan speed boat Penajam, piala tersebut kemudian diterima Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Tita Deritayati didampingi Kabag Humas dan Protokol M Daud. Kemudian piala Adipura diserahkan kepada Bupati Andi Harahap.

Bupati Andi Harahap kemudian menyerahkan piala tersebut, kepada perwakilan petugas kebersihan dan pertamanan. Dengan dibawa dua petugas kebersihan dan pertamanan. Selanjutnya, piala Adipura diarak keliling sampai di Kecamatan Waru dengan menggunakan mobil bak terbuka.

Usai diarak kemudian piala adipura tersebut, diserahkan kepada Plt Sekkab Abdul Zaman di halaman Kantor Bupati. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013