Nunukan (ANTARA Kaltim)  - Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara menyerahkan bantuan bibit kayu sengon dan trembesi kepada masyarakat Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat Pulau Sebatik guna meningkatkan upaya rehabilitasi hutan di kawasan itu.

Syamsul Hudha, staf Bidang Kehutanan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Nunukan di Sebatik, Selasa menjelaskan, jenis bibit kayu yang diserahkan kepada masyarakat Desa Setabu masing-masing kayu sengon sebanyak 400 pohon dan 100 kayu trembesi.

Penyerahan bantuan bibit kayu ini dia mengharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya dengan ditanam di lahan-lahan milik masyarakat di desa itu.

"Kedua bibit kayu yang diserahkan tersebut merupakan jenis kayu berkualitas baik," ujar Syamsul Hudha.

Bibit kayu ini, lanjut dia, diswadaya atau dibibit sendiri oleh Dishutbun Kabupaten Nunukan dan diserahkan berdasarkan permohonan kelompok tani Desa Setabu.

Ia menambahkan, anggaran yang digunakan untuk pembibitan kedua jenis kayu ini berasal dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) II tahun 2013.

Dengan adanya bantuan bibit kayu ini, Syamsul Hudha mengharapkan dapat menghijaukan kembali seperti semula terhadap lahan-lahan masyarakat di Desa Setabu yang diolah selama ini.

Syamsul Hudha menyatakan, bantuan bibit kayu kepada masyarakat seperti ini hanya dilakukan apabila ada permintaan atau permohonan dari masyarakat.

"Bantuan seperti ini tidak rutin. Tapi diberikan apabila ada masyarakat yang bermohon," ucap dia. (*)

Pewarta: M.Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013