Penajam (ANTARA Kaltim) - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Andi Harahap akan menerima penghargaan piala Adipura langsung dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara, Jakarta Senin (10/6).

Kabupaten PPU untuk kali pertama mendapatkan piala Adipura untuk kategori kota/kabupaten kecil. Sebelumnya, selama dua tahun berturut-turut Kabupaten PPU berhasil meraih piagam Adipura.

Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tita Deritayati, Jumat (7/6), mengungkapkan, kepastian didapatkan dari Kementerian Lingkungan Hidup di Jakarta. Dalam surat bernomor 8-6532/SES/LH/PPM/06/203 tertanggal 5 Juni, tentang penghargaan Adipura Kencana dan Adipura, yang ditandatangani langsung Sekretaris  Kementerian Lingkungan Hidup Hermien  Roosita.

"Jadi satu-satunya kota/kabupaten kecil di Kaltim yang meraih Piala Adipura itu PPU. Untuk di Kaltim hanya Balikpapan dan Bontang sebagai kota besar dan sedang yang meraih piala Adipura," jelasnya.

Tita menyatakan, penghargaan tersebut, akan diserahkan langsung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara dan diterima Bupati Andi Harahap. Penghargaan diserahkan di Istana Negara karena PPU merupakan kota kecil yang baru kali pertama menerima penghargaan piala adipura.  

"Untuk kabupaten/kota yang sudah berulang-ulang menerima penghargaan ini, akan diserahkan Menteri Lingkungan Hidup," katanya.

Keberhasilan Kabupaten PPU meraih penghargaan tertinggi di bidang kebersihan tersebut, lanjut Tita, tidak terlepas dari peran serta seluruh elemen masyarakat dan petugas kebersihan. Keberhasilan Kabupaten PPU mendapatkan piala Adipura, karena dalam penilaian tahap pertama berhasil meriah angka 71.

"Penilaian tahap kedua belum diketahui jumlah poin yang diraih, tapi kami yakin nilainya diatas 74. Karena saat menghadapi penilaian piala Adipura sudah melakukan pembenahan sejumlah titik pantau termasuk di tempat pembuangan akhir (TPA)," ucapnya.

Dengan keberhasilan ini, Tita menyatakan, Bidang Kebersihan dan Pertamanan memiliki tugas berat karena harus mempertahankan piala Adipura agar bisa diraih tahun-tahun mendatang sehingga pihaknya sudah memiliki sejumlah program untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan.

Selain itu tambahnya, pihaknya juga berencana untuk memberikan bonus kepada petugas kebersihan. Karena penghargaan tersebut, tidak terlepas dari tanggungjawab para petugas kebersihan yang setiap hari, terus menjaga kebersihan Kabupaten PPU.

"Kami juga ada keinginan untuk membangun tugu Adipura. Mudah-mudahan tahun 2014 bisa direalisasikan," ujar Tita. (*)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013