Badan Pendapatan Daerah ( Bapenda) Provinsi Kalimantan Timur menyampaikan, penerimaan pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah setempat hingga akhir Januari 2022 telah mencapai Rp433 miliar.

Kepala Bapenda Kaltim Ismiati, Selasa di Samarinda mengatakan, realisasi penerimaan pajak untuk awal tahun ini telah sesuai dengan progres dalam rangka mewujudkan target penerimaan pajak dari kendaraan bermotor Rp5,4 triliun untuk tahun 2022.

"Alhamdulillah Pemprov Kaltim bersyukur bisa tembus Rp443 miliar. Realisasi ini per 31 Januari 2022. Artinya, masyarakat taat membayar pajak kendaraan tepat waktu," ucap Kepala Bapenda Kaltim Ismiati.

Ismiati menilai ketaatan masyarakat membayar PKB mampu meningkatkan pendapatan daerah. Sehingga berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Menurut Ismiati, penerimaan PKB periode Januari tersebut diharapkan bisa terus stabil hingga bulan berikutnya dan akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

"Kita berharap penerimaan bisa terus meningkat, sehingga PAD kita juga meningkat," jelasnya.

Untui target pendapatan daerah secara keseluruhan dari berbagai macam sektor pada tahun 2022 ini mencapai Rp10,8 triliun.

"Saat ini baru terealisasi Rp515 miliar dengan penyumbang terbesar di sektor pajak kendaraan bermotor," kata Ismiati.

 

Pewarta: Arumanto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2022