Nunukan (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 186 anak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Sabah Malaysia mengikuti ujian nasional (UN) sekolah Menengah Pertama (SMP) dan SMP Terbuka tahun ajaran 2012-2013.

Konsul Jenderal RI di Kota Kinabalu, Sabah, Soepeno Sahid, yang dihubungi dari Nunukan, Kalimantan Utara, Senin, mengatakan, pelaksanaan UN SMP dan SMP Terbuka di Sabah berjalan lancar dan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI yakni 22-25 April 2012.

Ia mengatakan, sebenarnya jumlah peserta UN yang terdaftar di KJRI Kota Kinabalu Sabah sebanyak 197 siswa siswi namun 11 di antaranya tidak sempat mengikuti UN tanpa alasan yang jelas.

Adapun lokasi pelaksanaan UN SMP dan SMP Terbuka pada empat wilayah di Sabah yaitu Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Kota Kinabalu (Wilayah Pantai Barat), Community Learning Center (CLC) Biah Keningau (Wilayah Pedalaman), CLC 4 Ladang Sapi 2, CLC Ladang Tomanggong, dan CLC Ladang Sabahmas Telupid (Wilayah Sandakan) dan CLC 11 Mostyn dan CLC Merotai (Wilayah Tawau).

Selama pelaksanaan UN SMP di Sabah, kata Soepeno, telah menugaskan tenaga guru dari SIKK sebagai penanggung jawab lokasi yang telah mendapatkan pengarahan teknis terkait UN.

Selain itu, sebut dia, KJRI membentuk tim independen dengan melibatkan mahasiswa Indonesia yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi (PT) di Sabah yang tergabung dalam organisasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Sabah.

"Demi lancarnya pelaksanaan UN SMP dan SMP Terbuka di Sabah dipantau oleh tim independen bekerjasama Direktorat Pembinaan SMP Kemdikbud RI dengan menempatkan 1-2 orang staf," kata dia melalui telepon.

Soepeno menegaskan, selama berlangsungnya UN SMP dan SMP Terbuka di wilayah itu KJRI Kota Kinabalu Sabah dan KBRI Kuala Lumpur melakukan monitoring ke seluruh lokasi pelaksanaan UN di Sabah.

"Saya bersama rombongan melakukan pemantauan UN hingga ke pedalaman perkebunan kelapa sawit tempat pelaksanaan UN sejak hari pertama hingga terakhir," ujar Soepeno. (*)

Pewarta: M Rusman

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2013