Sangatta (ANTARA Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2012 dengan melibatkan ratusan peserta dari berbagai kalangan, Rabu.

Kegiatan HMPI di Jalan Soekarno Hatta, mulai pukul 08.00 wita, itu dipimpin oleh Wakil Bupati Kutasi Timur, Ardiansyah Sulaiman.

Acara tersebut juga diikuti Sekretaris Daerah Ismunandar, Kepala Dinas Kehutanan Ordi Tarlan, Dandim 0909/SGT Letkol Inf Husni Mubarak, Kapolres AKBP Budi Santoso, Kajari Didik Farkhan, SH, dan Danlanal Letkol Laut Yudhi Bramantyo.

Selain itu, ikut pula para asisten, seluruh Kepala Dinas Pemkab Kutai Timur, manajemen PT Kaltim Prima Coal (KPC), organsiasi seperti PKK, Dharma Wanita, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), Pramuka, Pelajar SMA dan Murid Sekolah Dasar hingga para Kepala Desa.

Menurut Wakil Bupati H.Ardiansyah Sulaiman, menanam lebih banyak pohon akan mendatangkan rejeki lebih banyak pula, bukan rejeki banyak duit, namun manfaatnya sangat banyak dirasakan oleh umat manusia maupun hewan dan tumbuhan.

"Manfaat yang juga bisa dirasakan dengan menanam lebih banyak pohon adalah mendapatkan lingkungan yang nyaman, lingkungan indah dan asri dan sehat. Itulah makanya hari ini kegiatan menanam pohon diberi tema 'Banyak Pohon Banyak Rezeki' Wabup Ardiansyah Sulaiman, di depan peserta dalam sambutan singkanya.

Wabup mengatakan, banyak pohon banyak rejeki, jangan dibayangkan banyak rejeki banyak duit datang, bukan itu maksudnya. Namun maksud dari banyak pohon banyak rejeki adalah manusia akan mendapatkan manfaat dari semakin banyak menanam pohon,termasuk mendapatkan kenyamanan lingkungan.

Kepala Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur Ordiansyah Taslan, dalam rangkaian peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional 2012, di Kutai Timur dicanangkan di Jalan Soekarno Hatta sepanjang 500 meter dengan jumlah 700 bibit pohon yang ditanam, terdiri dari berbagai jenis tanaman seperti trenbesi, tanjung, mahoni dan beberapa jenis bibit meranti.

Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional 2012, dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 24 tahun 2008 yang mengamanatkan adanya satu hari sebagai momentum untuk menanam nasional, kata Kadishut Ordi Taslan

Menanam satu hari yang dimulai dilaksanakan tahun 2011 di Indonesia Vice Security Center Sentul Bogor Jawa Barat, dan kemudian dilanjutkan dengan program menanam 1 milyar pohon pada tahun 2012.

Kadishut mengatakan, gerakan menanam pohon satu miliar tahun 2012 ini, pada dasarnya merupakan kegiatan tahun sebelumnya yang telah dilaksanakan diseluruh Indonesia secara terus menerus sepanjang tahun.

"Gerakan menanam satu miliar pohon" merupakan kegiatan nyata yang bertujuan menambah tingkat penutupan lahan untuk mencegah banjir, longsor dan erosi serta kebakaran hutan dan lahan¿katanya.  

Selain itu, kata Ordi, menanam pohon secara rutin juga merupakan upaya konservasi sumber daya hutan dan hayati dan penyerapan karbon dioksida di astmosfer untuk mengantisipasi perubahan iklim, serta untuk ikut berpartisipasi dalam pemenuhan kebutuhan energy nasional yang sekarang menjadi isu di tingkat global. (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012