Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - PT Berau Coal membangun Kantor Kepala Desa dan gedung Taman Kanak-kanak (TK) yang sekaligus dijadikan taman pengajian Alquran (TPA) di Kampung Merancang Ulu, Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

“Kedua bangunan yang sepenuhnya dibantu PT Berau Coal (BC) tersebut sangat dibutuhkan masyarakat sebab selama ini bangunan kantor kepala desa yang lama sudah tak bisa lagi menampung warga jika ada pertemuan sehingga pertemuan kerap dilakukan di kediaman kepala kampung," ungkap Kepala Kampung Merancang Ulu, Andi Marpai, Kamis.

"Begitu pula bangunan TK maupun TPA, yang merupakan gedung bekas gudang, kondisinya kini sudah lapuk sehingga tidak layak lagi digunakan," katanya.

Dengan dibangunnya dua buah gedung tersebut warga kata Andi Marpai merasa sangat terbantu karena Kantor Kepala Kampung yang ada saat ini kondisinya sudah tidak bisa mengoptimalkan kinerja aparatur desa setempat.

Selain sempit, kantor Kades Merancang Ulu itu juga difungsikan sebagai gedung Taman kanak-kanak (TK) dan perpustakaan desa.

“Gedung kades ini sudah hampir 20 tahun dan belum pernah direnovasi, bahkan ruangan Kades juga ditempati meja staf aparatur desa,” ujar Andi Marpai.

Akibat kondisi kantor desa yang rusak tersebut lanjutnya, pelayanan masyarakat sedikit terganggu, bahkan saat menggelar pertemuan terpaksa harus menggunakan rumah kades.

”Biasanya kami rapat kegiatan di desa mengunakan rumah pribadi akibat kantor desa tidak lagi mampu menampung pertemuan yang dihadiri puluhan masyarakat,” katanya.

Kendati demikian, pihaknya tetap berupaya memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Pembangunan Kantor Kepala Desa oleh Berau Coal kata Andi Marpai diharapkan dapat meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Kami berterimakasih kepada PT Berau Coal yang telah membantu sepenuhnya biaya pembangunan ini. Kami juga berharap bantuan ini tidak sampai disini saja sehingga masyarakat bisa menikmati keberadaan perusahaan batu bara ini,” harapnya.

Awalnya, pembangunan Kantor Kepala Desa tersebut lanjut dia akan diajukan ke Pemerintah Kabupaten Berau melalui anggaran bantuan desa (Bandes).

Namun setelah mengajukan permohonan, PT Berau Coal langsung merespon bahkan langsung merealisikan pembangunan dua gedung sekaligus yakni TPA dan Kantor kepala kampung.

"Dana bandes itu akan kami fokuskan pada upaya mensejahterakan masyarakat, terutama sektor pertanian maupun perikanan di Kampung Merancang Ulu," ungkap Andi Arpai.

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012