Tanjung Redeb (ANTARA Kaltim) - PT Berau Coal, membantu Pemerintah Kabupaten Berau dalam upaya mengoptimalkan penanganan sampah melalui pemberian bantuan motor sampah ke berbagai Kecamatan diantaranya ke Kecamatan Tanjung Redeb dan Sambaliung.

"Beberapa waktu lalu, kami telah memberikan bantuan motor sampah di Kecamatan Sambaliung. Walaupun baru satu unit, namun diharapkan bantuan itu bisa mengefektifkan penanganan sampah di kecamatan tersebut," ungkap External Relation dan LM Superintendent PT Berau Coal, Dedy Kusnadi, Rabu.

Dengan adanya motor sampah tersebut lanjut Dedy KUsnadi diharapkan bisa meminimalkan keluhan warga sebab selama ini masyarakat masih menerapkan sistem pembuangan sampah ke tempat pembuangan sementara (TPS).

"Kami berkomitmen mendukung setiap program pemeirntah, khusunya terkait kebersihan. Hal itu kami wujudkan dengan memberikan dukungan berupa sarana pembuangan sampah dan itu sudah kami lakukan sejak beberapa tahun terakhir," katanya.u) .

"Setiap realisasi dari semua program PT Berau Coal merupakan perwujudan dari aspirasi dalam upaya memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Dedy Kusnadi.

Pemberian motor sampah itu lanjut dia merupakan program berkesinambungan PT Berau Coal sehingga bantuan tersebut akan terus dilanjutkan.

"Jika masih memerlukan tambahan motor sampah kemungkinan besar akan kami bantu. Hanya saja, program ini diberikan secara berkesinambungan dan bergantian," ungkap Dedy Kusnadi
.
Sementara Sekretaris Camat Sambaliung, Datu Saiful Rizali mengakui, volume sampah di wilayah itu cukup tinggi sehingga kebututahan motor sampah juga cukup besar.
 
"Kami akan mengusulkan kembali pengadaan motor sampah tersebut sebab masih membutuhkan beberapa unit untuk mengatasi volume sampah yang cukup besar dan kami berharap pihak perusahaan lainnya bisa memberikan bantuan," kata Datu Saiful Rizali.

Armada motor sampah lanjut dia sangat diperlukan sebagai salah satu solusi menangani persoalan sampah di Kecamatan Sambaliung.

Selama ini lanjut dia, proses pembuangan sampah hanya mengandalkan gerobak sehingga proses pembuangannya memakan waktu lama.

"Dengan adanya motor sampah ini tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga dalam penanganan sampah apalagi didukung warga dengan dapat mengemas atau memilah terlebih dahulu sampah yang akan di buang sehingga dengan cara itu apabila warga ingin memamfaatkan sampah yang dapat diolah menjadi kompos," papar Saiful.

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012