Wang Wenbiao: jadikan "perairan jernih dan pegunungan subur yang merupakan aset tak ternilai" upaya abadi

AsiaNet 69552

BEIJING, Tiongkok, 3 Agustus 2017 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Kubuqi International Desert Forum keenam berakhir pada 30 Juli. Wang Wenbiao, sekretaris forum sekaligus ketua dewan direksi Elion Resources Group, menyampaikan pidato penutupan:

Kubuqi International Desert Forum keenam adalah peristiwa penting yang menghubungkan masa lalu dan masa depan serta merupakan pertemuan bersejarah dalam perkembangan umat manusia dalam pengendalian penggurunan.

Hal yang menyentuh ialah saat Presiden Xi Jinping melayangkan surat ucapan selamat kepada kami, yang mengakui pencapaian Tiongkok dalam pengendalian penggurunan dan membangun Belt and Road ramah lingkungan. Ia juga mendorong para pejuang penggurunan Tiongkok dan global berkontribusi lagi. Presiden Xi mengakui praktik sukses Kubuqi dalam kemajuan ekologis serta mengusulkan persyaratan, tujuan dan misi baru bagi pengendalian penggurunan di Tiongkok dan dunia.

Kami harus mempelajari dengan baik surat ini dan merespon keinginan Presiden Xi. Dengan mengingat ekspektasinya, kami harus membuat "perairan jernih dan pegunungan subur yang merupakan aset tak ternilai" upaya abadi kami. Kami akan tetap berkomitmen terhadap misi kami, berupaya keras serta terus membuat Gurun Kubuqi dan gurun di seluruh dunia lebih hijau dan membuat rakyat lokal lebih makmur.

Ini merupakan salah satu forum yang bermanfaat.

Pertama-tama, Presiden Xi mengakui peran dan pengaruh Kubuqi Desert Forum yang telah digelar selama sepuluh tahun. Ia menetapkan arah, misi dan tujuan pengendalian penggurunan di Tiongkok dan seluruh dunia serta mengorganisir forum tersebut.

Vice Premier Tiongkok Ma Kai mengusulkan filosofi pengembangan pengendalian penggurunan yang mencakup upaya harmonisasi antara alam dan manusia serta mengikuti hukum alam. Ia juga mengusulkan prospek dan tujuan baru kerjasama internasional dalam membangun satu Belt and Road ramah lingkungan, yang amat menginspirasi.

Para pejabat asing serta undangan dari dalam dan luar negeri berdialog dan bertukar pendapat mengenai penghijauan Belt and Road dan berbagi eco-economy gurun dari berbagai aspek termasuk kerjasama teknologi ekologi, kerjasama ekonomi ramah lingkungan, manajemen penggurunan dan pemberantasan kemiskinan, inovasi keuangan ramah lingkungan serta bidang lain. Para hadirin mencapai banyak persetujuan dan kebijakan berwawasan, yang menawarkan ide dan solusi baru bagi umat manusia untuk melawan penggurunan.

Para peserta menawarkan banyak wawasan mengenai peningkatan Model Kubuqi yang memungkinkan pengalaman sukses Kubuqi untuk memberikan kebijakan dan kekuatan lagi guna menghijaukan Belt and Road dan mengendalikan penggurunan global.

Banyak persetujuan tercapai setelah kunjungan lapangan dan pertemuan selama lebih dari tiga hari, yang tidak hanya menawarkan nasihat yang membangun untuk pengendalian penggurunan global, tapi juga memberi teori penting dan dukungan riset atas Sidang Umum ke-13 pihak-pihak yang ikut dalam Konvensi PBB untuk Memerangi Penggurunan.

Ini merupakan tahun kesepuluh digelarnya Kubuqi Desert Forum. Dalam tradisi Tionghoa, harus ada perayaan dalam setiap hari jadi kesepuluh. Kami tidak mengadakan perayaan, tetapi menggunakan diskusi yang bermanfaat untuk menandai hari jadi tersebut. Forum ini berakhir, namun saya harap Anda bisa tinggal lebih lama di Kubuqi untuk berjalan-jalan serta melihat perairan jernih dan pegunungan subur, yang merupakan aset tak ternilai. Saya percaya Anda akan menemukan aspek yang lebih menarik, menyentuh dan mengesankan tentang oase ini.

Sumber: Elion Resources Group

Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017