Pelayaran perdana gratis kapal pesiar berbendera Hong Kong dan Makau di China (Guangdong) Pilot Free Trade Zone digelar di Nansha, Guangzhou

AsiaNet 69498

GUANGZHOU, Tiongkok, 28 Juli 2017 (Antara/Xinhua-AsiaNet) --

Pada 24 Juli, tak lama setelah hari jadi ke-20 kembalinya Hong Kong ke Tiongkok Daratan, pelayaran perdana gratis kapal pesiar berbendera Hong Kong dan Makau di China (Guangdong) Pilot Free Trade Zone digelar di Nansha District, Guangzhou. Kapal pesiar dari Hong Kong dan Makau berlabuh di Nansha Marina setelah melewati pos pemeriksaan masuk di Nansha Ferry Terminal. Pelayaran perdana tersebut sukses besar.

Pemerintah Provinsi Guangdong menyerahkan Rencana Implementasi "Pelayaran Gratis" untuk kapal pesiar berbendera Hong Kong dan Makau di China (Guangdong) Pilot Free Trade Zone (selanjutnya disebut "the Plan") kepada Kementerian Perhubungan guna mengeksplorasi dan memperbarui kebijakan izin bea cukai keluar-masuk, pengawasan dan inspeksi, pengaturan dermaga, pengakuan lisensi timbal balik dan perencanaan area navigasi kapal pesiar dari Hong Kong dan Makau. Itu berarti sistem kebijakan yang mudah dioperasikan dan teregulasi jelas, mekanisme manajemen serta instruksi kerja pengaturan masuk kapal pesiar bisa diformulasikan, yang akan ikut mengakumulasi pengalaman percontohan yang bisa ditiru dan bisa dipromosikan dalam memfasilitasi "pelayaran gratis" kapal pesiar dari Hong Kong dan Makau di Guangdong dan seluruh Tiongkok serta pengembangan pariwisata kapal pesiar. Plan ini banyak didukung oleh kementerian dan komisi terkait pemerintah pusat. Pada 20 Juni tahun ini, the Kementerian Perhubungan, Kementerian Keamanan Publik, Bea Cukai serta Pengawasan Mutu, Inspeksi dan Karantina melayangkan surat yang pada prinsipnya menyetujui Plan ini. Selama pelayaran perdana ini, kapal pesiar dari Hong Kong dan Makau melewati proses dan formalitas seperti laporan masuk, inspeksi bersama dan docking menurut prosedur dan persyaratan modus bea cukai baru yang nyaman - "docking posisi tetap, inspeksi bersama", yang menguji implementasi Plan ini. Untuk tahap selanjutnya, sistem kebijakan, mekanisme manajemen dan instruksi kerja pengaturan masuk kapal pesiar akan dirinci lebih lanjut menurut hasil-hasil pelayaran perdana tersebut, guna mempercepat implementasi kebijakan. Tourism Administration of Guangdong Province memandang upaya ini akan ikut mempromosikan pariwisata pesisir dan pembangunan siklus hidup berkualitas tinggi yang sesuai untuk hunian, bisnis dan pariwisata di "Guangdong-Hong Kong-Macao Greater Bay Area".

Sumber: Tourism Administration of Guangdong Province
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017