Citi Microentrepreneurship Awards umumkan Pemenang Wirausaha Mikro

Citi Microentrepreneurship Awards umumkan Pemenang Wirausaha Mikro

(Antara)

Jakarta (Antara) -- Citi Indonesia mengumumkan pemenang wirausaha mikro terbaik di ajang kompetisi dan penghargaan Citi Microentrepreneurship Awards (CMA) untuk periode 2016-2017. 

Penyerahan Penghargaan kepada 9 wirausaha mikro terbaik serta 1 penghargaan apresiasi bagi Lembaga Keuangan Mikro (LKM) terbaik.

"Kami memberikan apresiasi kepada Citi lndonesia atas penyelenggaraan kegiatan ini secara konsisten berlangsung selama 12 tahun. Program ini memberikan kontribusi terhadap jumlah UMKM di Indonesia dimana 98,77% adalah usaha mikro," kata Asisten Deputi Pengembangan Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Budi Mustopo pada acara pemenang wirausaha mikro terbaik di Jakarta, Selasa (9/5).

Sedangkan Chief Executive Officer Citi Indonesia, Batara Sianturi mengatakan, kemandirian wirausahawan selalu berawal dari hal-hal kecil terlebih dahulu. 

"Kami yakin bahwa semakin banyak masyarakat yang berani dan siap berwirausaha yang dimulai dari skala mikro, maka semakin besar peluang pertumbuhan ekonomi Indonesia yang meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat," papar dia.

Batara menilai, program ini sejalan dengan program dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pemerintah Republik lndonesia dalam mewujudkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). 

Pada penyelenggaraan CMA kali ini, selama periode pendaftaran yang dibuka pada 9 November 2016 lalu, terdapat lebih dari 500 pengusaha mikro dari berbagai provinsi di Indonesia yang mendaftarkan usahanya dalam ajang Citi Microentrepreneurship Awards. 

Data dari Badan Pusat Statistik menyatakan bahwa pelaku usaha mikro memberikan kontribusi bagi perkembangan ekonomi di Indonesia, dapat dilihat dari jumlahnya yang terus mengalami peningkatan. Pada tahun 2013, terdapat 2.887.015 usaha mikro yang tersebar di seluruh Indonesia, jumlah tersebut terus meningkat dimana pada tahun 2015 mencapai angka 3.385.851 unit usaha mikro atau naik sekitar 17,3%.

"Kami sangat menghargai peran Citi Indonesia terhadap peningkatan kapasitas pengusaha mikro dan lembaga keuangan mikro (LKM) untuk meningkatkan inklusi keuangan yang disertai pembinaan usaha. Selain itu, melalui ajang ini mereka berkesempatan untuk memperluas jejaring, memperoleh pembekalan dan bimbingan guna mengembangkan usaha mereka kedepannya, ungkap Andi Ikhwan Program Director Agriculture and Financial Services Mercy Corps Indonesia. 

Penghargaan CMA 2016-2017 diberikan kepada para pemenang yang terbagi ke dalam 5 (lima) kategori kompetisi, yakni (1) Green Microentrepreneur, (2) Agriculture Microentrepreneur, (3) Service Microentrepreneur, (4) Fishery Microentrepreneur, dan (5) Creative Microentrepreneur. Selain itu terdapat pula 3 (tiga) kategori penghargaan khusus yang akan diberikan, yakni (1) Young Microentrepreneur, (2) Best Woman Microentrepreneur, dan (3) Most Innovative Microfinance Institution yang akan diberikan kepada lembaga keuangan.
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2017