Berita Terkait
Nunukan (ANTARA News Kaltim) - Sebanyak 31 pos perbatasan di wilayah Kalimantan Timur yang berbatasan dengan Malaysia dijaga oleh personel Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) TNI dari Kostrad 413/Bremoro.

Komandan Satgas Pamtas Kostrad Batalyon 413/Bremoro TNI AD Kabupaten Nunukan, Mayor Inf Joko Maryanto, di Nunukan, Jumat, mengatakan, dari 31 pos di wilayah Kalimantan Timur yang dijaga itu, 25 pos di antaranya berada di wilayah Kabupaten Nunukan yang tersebar pada seluruh perbatasan dengan Sabah dan Serawak Malaysia, lima pos di Kabupaten Malinau dan satu pos di Kabupaten Kutai Barat (Kubar).

Ia mengatakan, kondisi wilayah perbatasan darat antara Indonesia dengan Malaysia selama ini dinyatakan masih terkendali dan belum menemukan adanya ancaman dari negara tetangga Malaysia.

Menurut dia, personel yang ditugaskan menjaga wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Malaysia pada setiap pos, selama ini belum menemukan kejadian atau situasi keamanan yang dianggap cukup mengganggu kondisi keamanan dalam negeri RI dan sebaliknya.

"Keamanan di wilayah perbatasan darat antara negara kita dengan negara tetangga Malaysia sampai saat ini masih aman-aman dan terkendali," ujar Joko.

Keamanan ini terjadi, berkat kesigapan para personel Satgas Pamtas yang senantiasa tetap menjalankan tugas dan tanggung jawabnya yang telah dibebankan oleh negara dengan sebaik-baiknya.

Sepanjang tugas dan tanggung jawab tersebut dijalankan sesuai kewenangan yang telah ditentukan, Joko mengatakan pengamanan khususnya di wilayah daratan mampu dikendalikan tanpa menimbulkan riak-riak.

Karena lanjut dia, sebelum menjalankan tugas menjaga perbatasan di Kabupaten Nunukan, semuanya telah dibekali berbagai pengetahuan yang berkaitan dengan penggalangan dan wawasan kebangsaan yang diharapkan dapat diterapkan kepada masyarakat yang berada di wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia.

Dia juga menyebutkan, terkendalinya kondisi keamanan di wilayah perbatasan berkat kerjasama dengan Tentara Diraja Malaysia pada dua pos bersama yang berada di Kecamatan Seimenggaris dan di wilayah Kecamatan Lumbis.

Khusus pos perbatasan bersama antara Indonesia dengan Malaysia yang berada di wilayah Kecamatan Lumbis, posisi pos penjagaan berada di dalam wilayah negara Malaysia.

"Jadi di sana itu, pos penjagaan bersama letaknya berada di dalam wilayah Malaysia," katanya.

Editor: Amirullah
COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antarakaltim.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar