Jumat, 22 September 2017

Provinsi Kaltim Rebut Juara Lomba Kelurahan Tingkat Nasional

id kaltim, juara, 1, lomba, kelurahan
Provinsi Kaltim Rebut Juara Lomba Kelurahan Tingkat Nasional
Suasana setelah penyerahan penghargaan Lomba Desa/Kelurahan di Jakarta, Selasa (15/8). (ist)

Samarinda (ANTARA Kaltim) - Provinsi Kalimantan Timur kembali merebut juara pertama Lomba Kelurahan Terbaik Tingkat Nasional-Regional yang diwakili oleh Kelurahan Muara Jawa Ilir, setelah tahun 2016 juga berhasil menjadi juara pertama yang diwakili Kelurahan Bontang Kuala.

"Alhamdulillah tahun ini Kaltim mampu mempertahankan sebagai kelurahan terbaik di tingkat Nasional-Regional III Kalimantan-Sulawesi. Ini menunjukkan Kaltim tangguh secara nasional," ujar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Provinsi Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Rabu.

Penghargaan dan uang pembinaan atas prestasi tersebut diserahkan oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Selasa (15/8) malam.

Menurut Jauhar, kebijakan lomba dengan sistem Nasional-Regional mulai diterapkan tahun 2016, sedangkan tahun sebelumnya sistem yang diterapkan tidak mengenal regional, tetapi dari pemenang tingkat provinsi langsung dilombakan di tingkat nasional.

Sementara pembagian per regional adalah Regional I untuk provinsi di Pulau Sumatera, Regional II Pulau Jawa dan Bali, Regional III Pulau Kalimantan dan Sulawesi, dan Regional IV meliputi semua provinsi di Pulau Papua dan Maluku.

Pada lomba Nasional-Regional III, lanjutnya, setelah Kaltim yang berhasil menjadi juara pertama, peringkat kedua diraih kelurahan di Prøvinsi Gorontalo, dan posisi ketiga ditempati kelurahan di Provinsi Kalimantan Utara.

Ia mengaku salut kepada Provinsi Kaltara karena provinsi baru hasil pemekaran dari Provinsi Kaltim ini ternyata mampu melangkah lebih cepat sehingga berhasil mengalahkan provinsi lain yang lebih tua.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kaltim, karena mampu mempresentasikan dengan baik dan memajukan kelurahannya atas dukungan pemkab setempat sehingga berhasil menjadi juara tahun ini," ujarnya.

Tahun 2016, lanjut Jauhar, Kaltim juga meraih juara pertama lomba kelurahan yang diwakili oleh Kelurahan Bontang Kuala, Kota Bontang, sehingga dalam dua tahun ini Kaltim berturut-turut menjadi yang terbaik di tingkat Nasional-Regional.

Namun, untuk lomba desa terbaik, katanya lagi, tahun ini Kaltim belum beruntung karena baru berhasil masuk di lima besar, tetapi ia tetap bersyukur karena dengan berhasilnya desa di Kaltim masuk lima besar berarti desa ini sudah menyisihkan sekitar 15 ribu desa lain di wilayah Regional III.

Tahun lalu desa di Kaltim juga meraih juara 3 Nasional-Regional III dalam lomba ini, yakni desa dari Kabupaten Paser. Sedangkan tahun ini, desa yang masuk lima besar Lomba Desa Terbaik Nasional-Regional III adalah Kampung Tepian Buah di Kecamatan Segah, Kabupaten Berau," ucap Jauhar. (*)

Editor: Rahmad

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.017 seconds memory usage: 0.46 MB