Rabu, 20 September 2017

BPJS-TK Samarinda Perluas Kepesertaan Semesta di Perdesaan

id BPJS ketenagakerjaan, kepesertaan BPJS, peserta BPJS, sosialisasi BPJS
BPJS-TK Samarinda Perluas Kepesertaan Semesta di Perdesaan
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Samarinda Supriyanto (kanan) saat menghadiri kegiatan di Desa Purwajaya, Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Sabtu (15/7). (ANTARA Kaltim/HO/BPJS-TK Samarinda)
Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Samarinda, Kalimantan Timur, melakukan sosialisasi program ke wilayah perdesaan di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kertanegara, Sabtu (15/7).

"Sebagai lembaga negara, kami mempunyai tugas dalam penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia, terutama untuk tenaga kerja rentan yang masuk dalam sektor bukan penerima upah," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Samarinda Supriyanto.

Ia menjelaskan ada dua desa yang menjadi sasaran target potensial untuk perluasan kepesertaan semesta BPJS-TK, salah satunya desa Purwajaya yang telah mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa dalam upaya akuisisi kepesertaan.

Selain Desa Purwajaya, ada satu desa lagi yang menjadi potensial kepesertaan, yakani Desa Tani Bhakti di Kecamatan Loa Janan, yang rencananya menjadi percontohan "Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan".

Kepala Desa Purwajaya Kurniawan menyampaikan apresiasi atas gerakan yang dilakukan BPJS-TK Samarinda dalam upaya perlindungan kepada pekerja rentan, seperti warga Desa Purwajaya yang mayoritas bekerja di pertanian dan pedagang.

"Tujuan kami mengikutsertakan warga ke BPJS Ketenagakerjaan adalah untuk perlidungan dasar dan pengayoman para pekerja", katanya.

Menurut ia, pengayoman dan perlidungan dari program BPJS-TK akan membantu warga desa dari risiko kecelakaan kerja dan kematian.

"Kami menyambut baik program BPJS Ketenagakerjaan untuk melindungi dan memberikan pengayoman kepada masyarakat Desa Purwajaya. Nantinya program ini akan kami sosialisasikan ke tingkat rukun tetangga," tambah Kurniawan.

Sejak Juni 2017, seluruh perangkat Desa Purwajaya telah terdaftar sebagai peserta BPJS-TK dan selanjutnya akan disusul oleh seluruh warga desa tersebut.

"Nantinya kita akan bergulir untuk pola sosialisasi ke desa yang berada di Samarinda, yang telah didahului Desa Purwajaya dengan mendaftarkan seluruh aparatur desa ke BPJS Ketenagakerjaan," jelas Supriyanto.

Ia berharap sosialisasi ini akan mendorong seluruh pemerintah desa memiliki kesadaran mengenai pentingnya kepesertaan BPJS-TK bagi aparatur desa di seluruh Samarinda.

"Kami berharap kepada perusahaan yang ada di lingkungan Desa Purwajaya dapat memberikan CSR perusahaan dalam bentuk program Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan, khususnya untuk pekerja rentan," ujarnya. (*)


Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0096 seconds memory usage: 0.35 MB