Sabtu, 24 Juni 2017

Disperindagkop Penajam Jamin Persediaan Kebutuhan Pokok

id bahan pokok, kemendag, harga sembako, daging sapi, beras, gula pasir, disperindagkop penajam
Disperindagkop Penajam Jamin Persediaan Kebutuhan Pokok
Aktivitas perdagangan di Pasar Segiri Samarinda. (ANTARA Kaltim/DK)
Penajam (ANTARA Kaltim) - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menjamin persediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 2017.

Kepala Bagian Perdagangan Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, saat ditemui di Penajam, Jumat, mengatakan, instansinya akan mengumpulkan distributor untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan dan penimbunan kebutuhan pokok.

"Kami akan berupaya menjamin ketersediaan kebutuhan pokok dan menjaga harga agar tetap stabil hingga lebaran," ujarnya.

Disperindagkop Kabupaten Penajam Paser Utara berencana pekan depan akan mengundang distributor yang ada di daerah setempat untuk membahas ketersediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriyah.

"Berkoordinasi dengan distributor salah satu upaya agar persediaan kebutuhan pokok tetap aman dan menjaga kestabilan harga," jelas Rusli.

Menurut ia, Kementerian Perdagangan menekankan kepada pemerintah daerah untuk mencegah terjadinya penimbunan komoditas kebutuhan pokok tersebut.

Sementara hasil rapat antara pemerintah kabupaten/kota dengan Pemprov Kaltim belum lama ini, ada beberapa komoditas kebutuhan pokok yang akan ditambah pasokannya selama bulan puasa hingga lebaran.

"Komoditas kebutuhan pokok yang ditambah stoknya, yaitu gula pasir, terigu, cabai, bawang merah dan bawang putih, serta daging sapi dan ayam potong," ucapnya.

Namun, Rusli tidak mengetahui secara pasti berapa persen penambahan persediaansejumlah komoditas kebutuhan pokok tersebut.

Rusli menyatakan kenaikan harga sejumlah komoditas kebutuhan pokok selama puasa hingga lebaran tidak bisa dihindarkan, terutama harga gula pasir, ayam potong, daging sapi dan bumbu dapur.

Kendati demikian, Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara tetap melakukan pengawasan agar kenaikan harga kebutuhan pokok tidak melonjak terlalu signifikan.

Walaupun harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan Rusli menyatakan, bahwa persediaan kebutuhan pokok selama Ramadhan hingga Idul Fitri di pasaran dapat memenuhi kebutuhan warga Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Untuk persediaan seluruh komoditas kebutuhan pokok dijamin aman selama puasa hingga lebaran," tambahnya. (Kominfo PPU)

Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0104 seconds memory usage: 0.35 MB