Selasa, 22 Agustus 2017

Kebutuhan Pokok Jelang Puasa di Penajam Aman

id Bahan pokok, disperindagkop penajam, rusli, stok beras, bawang putih, gula pasir
Kebutuhan Pokok Jelang Puasa di Penajam Aman
Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop UKM Penajam Paser Utara, Rusli. (ANTARA Kaltim/Bagus Purwa)
Penajam (ANTARA Kaltim) - Ketersediaan pasokan dan persediaan kebutuhan pokok untuk memenuhi permintaan jelang bulan puasa 2017 di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dalam kondisi aman.

"Untuk persediaan kebutuhan pokok di wilayah Penajam Paser Utara aman sampai empat bulan," kata Kapala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Penajam Paser Utara Rusli, ketika dihubungi di Penajam, Sabtu.

Selain itu, lanjut ia, pasokan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa juga dalam posisi aman untuk memenuhi lonjakan permintaan.

Rusli menyatakan persediaan kebutuhan pokok menjelang bulan puasa 2017 dipastikan aman, harga kebutuhan pokok di sentra-sentra perdagangan juga masih cukup stabil.

"Daging, beras, sayuran dan ikan dalam kondisi aman dan tersedia, serta harga jual kebutuhan pokok itu masih cukup stabil" ujarnya.

Kendati demikian Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara terus melakukan pengawasan terhadap pasokan dan persediaan kebutuhan pokok tersebut.

"Kami juga terus lakukan pengawasan rutin terhadap pasokan agar persediaan kebutuhan pokok selalu tersedia," jelas Rusli.

Menurut dia, ada sejumlah persediaan kebutuhan pokok yang mendapat perhatian, yaitu daging, yang harganya masih cukup tinggi.

"Kami berupaya menstabilkan harga daging. Diharapkan mendekati dan saat bulan puasa harga daging tidak mengalami kenaikan," ucap Rusli.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara berencana melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan harga mendekati dan saat bulan puasa.

Rusli menjelaskan untuk sejumlah komoditas lainnya, seperti cabai, bawang merah dan bawang putih, sejauh ini belum terjadi pergerakan harga.

"Apabila nanti terjadi lonjakan harga mendekati dan saat bulan puasa, diharapkan kenaikannya tidak terlalu signifikan," tambahnya.

Disperindagkop UKM Kabupaten Penajam Paser Utara akan menggelar operasi pasar, jika harga sejumlah komoditas pokok nelonjak tajam. (Kominfo PPU)

Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0125 seconds memory usage: 0.35 MB