Rabu, 20 September 2017

Harkitnas Momen Kebangkitan Pembangunan Infrastruktur Kaltim

id samarinda, gubernur awang faroek ishak, harkitnas, pembangunan infrastuktur,pltd
 Harkitnas Momen Kebangkitan Pembangunan Infrastruktur Kaltim
Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak memberi keterangan kepada wartawan terkait persiapan peringatan Harkitnas dan peresmian sejumlah proyek di Kaltim. (Humas Prov Kaltim/Syaiful)
Samarinda (ANTARA Kaltim) - Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) tahun ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan percepatan pembangunan infrastruktur dalam mewujudkan kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.

Harapan itu disampaikan Gubernur Kaltim  Awang Faroek Ishak pada rapat koordinasi pemantapan peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Ruang Serbaguna Ruhui Rahayu, Senin (18/5).

“Kita bersyukur melalui Harkitnas tahun ini ada beberapa proyek di Kaltim, khususnya proyek infrastruktur akan diresmikan dan digroundbreaking,” kata Awang Faroek Ishak.

Pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan Pemprov Kaltim menurut Gubernur, sudah sesuai dengan semangat pembangunan Kabinet Kerja di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Yusuf Kalla.

Misalnya, pembangunan yang difokuskan pada kawasan perbatasan, pedalaman dan daerah terpencil sama dengan pembangunan di kawasan perkotaan. Sementara program Presiden Jokowi pembangunan dimulai dari wilayah pinggiran.

Beberapa proyek infrastruktur yang rencananya akan diresmikan yakni ada lima rumah sakit pratama yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kaltim. Juga proyek Dinas Pekerjaan Umum untuk pembangunan jalan di perbatasan.

 

Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Senipah 2 x 41 megawatt (MW) yang dilaksanakan PT Kartanegara Energi Perkasa di Kabupaten Kutai Kartanegara dan pembangkit listrik tenaga uap  2 x 15 MW milik PT Kariangau Power Kariangau Balikpapan.

Selain itu, terdapat beberapa proyek pembangkit energi listrik yang akan di groundbreaking. Diantaranya, pembangunan PLTD daerah perbatasan di Long Nawang, Lumbis Ogong, Sei Menggaris, Tulin Onsoi, Sebuku dan Sebatik.

Khususnya, daerah perbatasan Kaltim digroundbreaking pembangunan PLTD Long Pahangai dan Long Apari di Kabupaten Mahakam Ulu. Proyek perumahan berupa program pembangunan sejuta rumah di Kaltim dan perumahan Bukit Batakan Permai Balikpapan.

“Sejak awal kepemimpinan saya, kami telah berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat Kaltim (sebelum terpisah Kaltara) dan tekad ini terus diupayakan dengan dukungan serta sinergitas pemerintah pusat serta swasta,” jelas Gubernur.

Dia menambahkan, peringatan Harkitnas tahun ini yang akan dipusatkan di KM.13 Balikpapan (jalan tol Samarinda-Balikpapan) seyogyanya dihadiri Presiden Jokowi namun yang sudah pasti hadir adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, sekaligus dirangkai dengan peresmian dan groundbreaking berbagai proyek infrstruktur Kaltim.

Rakor pemantapan peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-107 Tahun 2015 dihadiri para Asisten dan Kepala SKPD lingkup Pemprov Kaltim, jajaran Kodam VI Mulawarman dan Polda Kaltim serta instansi/lembaga vertikal. (Humas Prov Kaltim/yans).

 

Editor: Rahmad

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga

Generated in 0.0658 seconds memory usage: 0.41 MB